Ratusan Peserta Gerak Jalan dan Karnaval Akan Meriahkan HUT RI di Muna

  • Bagikan
Para peserta yang sedang latihan gerak jalan indah di SOr La Ode Pandu Raha.

RAHA, BKK – Ratusan peserta gerak jalan dan karnaval, akan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2022 di Kabupaten Muna.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Muna Samaul Bait SPd MSc mengatakan, bahwa akan ada ratusan barisan gerak jalan indah, gerak jalan cepat, dan karnaval jenjang TK/PAUD yang bakal memeriahkan HUT RI.

“Ratusan barisan gerak jalan indah dan cepat akan diikuti mulai jenjang Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA),” ujarnya, Selasa (9/8).

Dikatakan, para peserta tersebut berasal dari 8 kecamatan di Kabupaten Muna yang dekat dengan Kota Raha.

Dia mangaku, bahwa jumlah peserta yang mendaftar di Dikbud Muna sangat banyak. Sampai saat ini, untuk peserta gerak jalan indah tingkat SMP yang sudah mendaftar ada 75 barisan.

“Sementara, untuk gerak jalan cepat ada 31 barisan dari 26 SMP di 7 kecamatan di Kabupaten Muna. Yakni, Kecamatan Katobu, Batalaiworu, Lasalepa, Duruka, Kontunaga, Watu Pute, dan Kecamatan Lohia,” paparnya.

Untuk tingkat SD, kata dia, sudah ada 93 barisan dari 41 sekolah yang mendaftar ikut gerak jalan indah.

“Kalau untuk gerak jalan cepat sudah ada 34 barisan yang mendaftar dari 21 SD. Untuk gerak jalan indah, SD di 22 kecamatan bisa ikut. Tapi tidak semua SD di 22 kecamatan ikut mendaftar di Dikbud Muna. Untuk karnaval TK/PAUD sudah ada 100 peserta yang mendaftar,” rincinya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pada momentum HUT RI tahun ini akan diisi dengan peserta gerak jalan indah dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna dan tingkat SMA dari 8 kecamatan di Kabupaten Muna.

Khusus untuk barisan OPD sudah ada 63 barisan yang mendaftar. Sementara, lanjutnya, untuk tingkat SMA/SMK sudah ada 57 barisan yang mendaftar di Dikbud Muna.

“Untuk pelaksanaan gerak jalan indah tingka SD akan digelar pada 14 Agustus, SMP tanggal 13 Agustus, SMA/SMK tanggal 12 Agustus, dan karnaval TK/PAUD tanggal 11 Agustus 2022,” jelasnya.

Sementara, lanjutnya, untuk gerak jalan cepat tingkat SMP akan digelar 11 Agustus 2022 bersamaan dengan gerak jalan cepat putri SMA/SMK. Kemudian gerak jalan cepat tingkat SD digelar tanggal 12 Agustus. Sedangkan gerak jalan indah untuk umum digelar tanggal 15 Agustus 2022.

“Kita di Dikbud Muna hanya mengkordinir bidang pendidikan saja di HUT ke-77 RI ini. Kalau tingkat umum itu ada di Dispora Muna. Kita sudah siapkan hadiah berupa trofi bagi para juara nantinya,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Hayadi membeberkan, jumlah peserta untuk gerak jalan indah tingkat umum yang sudah mendaftar sebanyak 12 peserta, termasuk barisan wartawan Muna. (tri/nir)

  • Bagikan