Lulus Admininstrasi, 13 Peserta JPTP Ikut Uji Potensi dan Kompetensi

  • Bagikan
Sejumlah peserta yang ikut seleksi JPT Pratama dalam uji potensi dan kompetensi, Rabu (10/8). (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak 13 peserta yang lulus berkas seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) mengikuti uji potensi dan kompetensi.

13 peserta tersebut, 8 peserta diantaranya lulus di Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari, dan 5 peserta lainnya lulus di Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Kendari.

Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala, Rabu (10/8) mengatakan, seleksi potensi dan kompetensi wajib diikuti setiap peserta, untuk bisa maju ke tahap seleksi selanjutnya.

Untuk itu, dia berharap seluruh peserta mengikuti seleksi tersebut dengan baik.

“Saya meminta para peserta berkompetisi dengan baik dan mengikuti semua tahapan seleksi. Karena banyak yang ingin ikut seleksi tapi belum memenuhi syarat. Artinya, peserta yang dinyatakan lulus merupakan orang terpilih dan harus dimanfaatkan,” ujar Ridwansyah.

Setelah uji kompetensi selesai, lanjut Ridwansyah, peserta masih akan melewati 2 tahapan seleksi lagi. Yaitu seleksi penulisan makalah dan tes baca alquran serta presentasi dan wawancara.

“Seleksi penulisan makalah dan tes baca alquran akan dilaksanakan pada Jumat (12/8) sesuai jam yang ditentukan yakni 08.30 Wita. Sedangkan presentasi dan wawancara akan dilaksanakan pada Senin (15/8) dengan jam yang sama,” jelas Ridwansyah.

Senada, Ketua Tim Seleksi terbuka JPTP Nur Haerani Haeba menjelaskan, seleksi potensi dan kompetensi bertujuan untuk melihat kemampuan manajerial peserta.

“Kemampuan manajerial terdiri dari kemampuan intelektual, sikap kerja, kemampuan kepemimpinan, karakter kepribadian. Semua masuk dalam potensi kompetensi yang menunjukkan bagaimana mereka (peserta, red) menjadi seorang pemimpin,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mengungkap semua potensi manajerial yang dimiliki peserta, maka seleksi akan dilakukan melalui 4 tahap. Yakni, kata dia, tes tertulis, studi kasus, focus group discussion (FGD) dan wawancara.

Diketahui, 8 peserta yang lolos seleksi administrasi di Dikmudora Kendari yaitu, Asmuddin Koordinator Pengawas Madya, Darwis Kepala Bidang Kepemudaan, Istaman Sekretaris Dinas Kebakaran, Muchdar Alimin Kepala Bagian Protokol, Dr Muhidin Kepala Bagian Kerja Sama, Dr Mustakim Penata Kependudukan, Rasidin Kepala Bidang Sejarah, dan Hj Saemina Kepala SMPN 2 Kendari.

Adapun 5  peserta lulus administrasi di BKAD Kota Kendari yaitu Dr Farida Agustina Sekretaris Badan, Drs Firmansyah Gamoro Kepala UPTB Pengelolaan, Inand Irojasa Sekretaris Badan, Sari Handayani Kepala Bagian, dan Hj Sitti Asmanah Kepala Bidang. (cr1/nir)

  • Bagikan