Prof Zamrun Terima Sertifikat Hak Cipta Kemenkumham RI

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun Firihu saat menerima sertifikat kekayaan intelektual (kanan).

KENDARI, BKK – Rektor Universitas Halu Oleo (UHO), Prof Dr Muhammad Zamrun Firihu menerima sertifikat hak cipta atas buku yang ditulisnya berjudul “Heavy-Ion Fusion Reaktion: Theory and Numerical Method”.

Sertifikat kekayaan intelektual tersebut diserahkan langsung Plt Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI, Razilo, Senin (8/8) lalu.

Rektor UHO, Prof Muhammad Zamrun mengatakan, sertifikat hak cipta intelektual  ini bertujuan melindungi hasil karya dari klaim hak cipta orang lain.

“Artinya, hak cipta intelektual  ini untuk menghindari klaim- klaim yang tidak bertanggung jawab. Makanya, hasil karya itu harus di catat, bukan katanya,” ujarnya, Rabu (10/8).

Ia menuturkan, paling utama kalau bisa yang dimiliki pemerintah daerah dan perorangan itu juga harus tercatat di Dirjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI.

Dengan begitu sambung orang nomor satu di UHO ini, dapat menyelamatkan aset- aset yang dimiliki pemerintah daerah maupun  perorangan.

“Contohnya, saya punya buku dan didaftarkan supaya tidak ada yang mengklaim, berarti buku itu milik saya. Kalau sewaktu- waktu buku saya diklaim orang lain, saya punya bukti kalau itu karya saya,” pungkasnya. (din/nan)

  • Bagikan