Gubernur H Ali Mazi Sebut Pelaksanaan MTQ Jadi Program Prioritas Pemprov

  • Bagikan
Gubernur Ali Mazi saat memukul gong tanda dibukanya pelaksanaan MTQ ke-29 Tingkat Provinsi Sultra.

KENDARI, BKK – Gubernur Sultra, H Ali Mazi menyebutkan jika pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) menjadi program prioritas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Hal itu diungkapkannya saat membuka pelaksanaan MTQ ke- XXIX tingkat provinsi di Hotel Claro Kendari, Rabu (10/8) malam. Kata dia, khususnya program Sultra beriman dengan mendukung penuh suksesnya kegiatan tersebut, khususnya penyediaan alokasi anggaran.

“MTQ sebagai momentum dalam memperkokoh kerukunan umat beragama, kerukunan suku dan budaya. Saya berharap MTQ mampu beradaptasi dengan segala perbedaan,” katanya dalam sambutannya.

Orang nomor satu di Bumi Anoa ini menambahkan, pelaksanaan MTQ mampu meningkatkan derajat kemuliaan dengan tuntunan Alquran.

“Serta mampu menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam mewujudkan baldatub thayibatun warabbun ghafur,” terangnya.

Sementara itu, Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas) Kementrian Agama RI, Kamaruddin Amin menyampaikan, provinsi Sultra begitu antusias dan sportif terhadap kegiatan-kegiatan keagamaan dan pelaksanaan MTQ serta partisipasi dan antusiasnya sangat luar biasa.

“Umat islam dan indonesia secara umum tidak bisa lepas dari inspirasi Alquran khusunya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. MTQ ini memainkan peran yang sangat instrumental dalam mewujudkan negara bangsa yang sangat religius sebagai bentuk kecintaan kita terhadap Alqur’an,” tandasnya.

Diketahui, jadwal penyelenggaran MTQ dilaksanakan mulai tanggal 8-16 Agustus 2022, kedatangan kafila dari tanggal 8-9 Agustus, pembukaan tanggal 10 Agustus, penutupan tanggal 15 agustus. Jadwal pelaksanaan lomba pada tanggal 11-14 Agustus 2022.

Tempat pelaksanaan kegiatan lomba, yakni tujuh kategori lomba di Hotel Azizah Kendari, dua kategori lomba di BPMP Sultra, satu kategori lomba di Aula Kanwil Kemenag Sultra dan satu kategori lomba di Masjid Raya Al Kautsar.

MTQ terdiri dari delapan cabang dan 46 golongan lomba meliputi cabang seni baca Alquran terdiri dari golongan pertama tartil Alquran, tilawah anak-anak, tilawah remaja dan tilawah tunanetra serta tilawah dewasa putra dan putri.

Cabang qiraat Alqur’an terdiri dari, qiraat mujawab dewasa, kedua muratal dewasa, ketiga qiraat muratal remaja. Kemudian cabang hafalan Alquran, cabang tafsir Alquran, cabang fahm Alquran, cabang syarh, cabang seni kaligrafi Alquran serta cabang karya tulis ilmiah putra dan putri.

Pada acara pembukaan kegiatan tersebut, panitia juga memgumumkan pemenang dan penyerahan hadiah kepada pemenang pawai taaruf dan karnafal etno religi dalam rangka MTQ ke 29 tahun 2022. Untuk Ketegori Kafila dimenangkan oleh Kabupaten Buton Selatan, pememang kedua Buton Utara dan pemenang ketiga Konawe. Untuk Kategori Umum dimenangkan oleh Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) Wua-Wua, pemenang dua Paguyuban Masyarakat Bali dan pemenang tiga Ikatan Wanita Sulawesi Selatan.

Kemudian, kategori siswa Madrasa dan Sekolah dimenangkan oleh Madrasah Tsanawiyah (MTs) Ummusshabri, dan pemenang kedua MTs Insan Cedikia serta pemenang ketiga SMAN 1 Kendari. (cr3/nan)

  • Bagikan