Resmi Dilantik, Irwan Sah Jabat Ketua DPRD Muna Gantikan La Saemuna

  • Bagikan
Ketua PN Sukamto melantik dan mengambil sumpah jabatan Ketua DPRD Muna Irwan Menggantikan La Saemuna sisa masa jabatan 2019 - 2024. (Foto: Fitri)

RAHA,BKK – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna berganti, Rabu (11/8). Pejabat lama,  La Saemuna, resmi digantikan,  Irwan, melalui rapat paripurna pelantikan dan pengucapan sumpah jabatan yang dilakukan Ketua Pengadilan Negeri Raha, Sukamto.

Pelantikan Irwan sebagai Ketua DPRD Muna sisa masa jabatan 2019 – 2024, disaksikan Bupati Muna LM Rusman Emba, Pimpinan dan Anggota DPRD Muna, Forkopimda, Kepala OPD lingkup Pemda Muna dan tokoh masyarakat setempat.

Irwan dilantik berdasarkan Surat Keputusan (SK) nomor 422 tahun 2022 tertanggal 14 Juli 2022 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Pengganti Antar Waktu Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Muna.

Dalam SK tersebut, Gubernur Sulawesi Tenggara  (Sultra) meresmikan pemberhentian La Saemuna  dan meresmikan Irwan sebagai Ketua DPRD Muna sisa masa jabatan 2019-2024.

Usai dilantik, Irwan mengatakan, proses pergantian ketua merupakan peristiwa biasa dalam dinamika perpolitikan. Meski demikian, proses pengambilan sumpah dan janji tetap memiliki makna dan nilai yang sakral serta untuk semakin mengoptimalkan peran, tugas dan fungsi kelembagaan DPRD sebagai tempat aspirasi rakyat dan mengawal penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tenggara, semua pihak baik yang telah membantu kelancaran pelaksanaan pelantikan hari ini baik secara langsung maupun tidak langsung. Ucapan terima kasih  kami sampaikan kepada masyarakat Muna yang telah memberikan kepercayaan kepada Kami untuk menjalankan tugas dan fungsi penyelenggaraan aspirasi rakyat,” kata Irwan dalam sambutannya.

Dalam kesempatan itu, pria yang menjabat sebagai Ketua DPC Hanura Muna ini juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada La Saemuna yang selama ini telah menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD Muna.

“Semoga Allah SWT dapat memberikan kekuatan kepada kita semua untuk menjalankan tugas dan fungsi kita masing-masing dalam kehidupan dan bernegara,” ucapnya.

Sementara itu, sambutan  Gubernur Sultra, Ali Mazi, yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, H Boy Ihwansyah, mengatakan sebagai pimpinan daerah Sultra dan terkhusus masyarakat Muna, menyampaikan selamat kepada Irwan yang baru saja dilantik sebagai Ketua DPRD Muna

“Kami atas nama pimpinan daerah dan masyarakat Sulawesi Tenggara terkhusus masyarakat Muna kami ucapkan selamat kepada Irwan yang barus saja dilantik sebagai Ketua DPRD Muna sisa masa jabatan 2019-2022,”ucapnya.

Gubernur juga berharap kepada Irwan agar menjalankan tugasnya sebagai Ketua DPRD Muna dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu bersinergi dengan Pemda Muna.

“Saya berharap pimpinan dewan dapat melaksanakan amanah yang diemban tersebut dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab dan selalu bersinergi dengan pihak eksekutif,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba mengatakan bahwa pihaknya akan selalu berupaya membangun sinergi dan harmonisasi dengan DPRD. Itu dilakukan demi tercapainya pembangunan daerah yang lebih baik.

 “Saya mengucapkan selamat kepada pak Irwan sebagai Ketua DPRD Muna yang baru. Kami juga mengucapkan terima kasih dan perhargaan yang setingginya kepada ketua DPRD yang lama Pak Saemuna. Semoga pengabdiannya dicatat sebagai amal kebaikannya di sisi Allah SWT,”ucapnya.

Rusman juga berharap kepada ketua DPRD yang baru itu selalu membangun sinergitas dengan eksekutif, agar kendala-kendala terutama terkait pembahasan APBD dapat diselesaikan dengan baik.

“Harapan kami dengan ketua DPRD yang baru agar apa yang menjadi kendala terutama terkait pembahasan APBD dapat diselesaikan dengan tuntas,” pungkasnya.(tri/ada)

  • Bagikan