Bank Sultra Bangun Sinergitas Lindungi UMKM dari Rentenir

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Bank Sultra berkomitmen mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dengan membangun sinergitas di berbagai stakeholder terkait. Kali ini, Bank Sultra bersama Pemerintah Kota (Pemkot ) Kendari dan Badan Amil Zakat (Baznas) melindungi para pelaku UMKM dari praktek-praktek rentenir.

Direktur Utama (Dirut)  Bank Sultra, Abdul Latif mengucapkan terimakasih kepada Wali Kota Kendari, BI Sultra, OJK Sultra serta seluruh pimpinan OPD lingkup Pemkot Kendari atas kepercayaan terhadap Bank Sultra untuk memberikan fasilitas pinjaman modal kerja bagi para pelaku UMKM.

Langkah tersebut dilakukan untuk melindungi pelaku UMKM dari praktek-praktek rentenir yang memberikan permodalan dengan bunga tinggi.

“Kami berharap melalui sinergi dan kerja sama yang baik dan erat antar dari berbagai stakeholder menjadi kunci keberhasilan untuk meningkatkan kesejahteraan bagi pelaku UMKM Kota Kendari yang berujung pada penguatan perekonomian masyarakat,” ungkapnya, Sabtu (13/8).

Dijelaskan, Bank Sultra selaku Bank daerah akan senantiasa berkomitmen untuk mengoptimalkan peran serta kontribusi pada pendapatan asli daerah (PAD) dan pengembangan UMKM. Selain itu, pihaknya juga terus melakukan pengembangan produk dan layanan dalam mendukung program kerja Pemda.

Sementara itu, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir menuturkan, banyak aduan dari para pelaku UMKM terkait rentenir tersebut sehingga banyak pula yang meminta untuk difasilitasi oleh pemerintah. Untuk itu diharapkan perbankan lebih mendekatkan diri pada pelaku UMKM dengan lembaga keuangan lainnya dan tidak terjebak lagi pada praktek rentenir.

“Semoga dengan sinergitas yang di bangun bisa merekomendasi UMKM ke Bank Sultra untuk melayani sekaligus kita juga membimbing mereka supaya pinjaman yang dilakukan benar-benar untuk mengembangkan usaha mereka,” tutupnya. (cr4)

  • Bagikan