Pugar TMP Watu Pute, Pemda Muna Siapkan DAU Rp300 Juta

  • Bagikan
Bupati Muna Ir LM Rusman Emba ST MM didampingi Ny Yanti Setiawati SE MSi melakukan upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Watu Pute. (Foto: Fit

RAHA,BKK – Jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raganya untuk merebut Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 1945 lalu, tidak bisa dilupakan. Para pejuang itu harus terus dikenang dengan mendoakan dan memelihara pusaranya yang ditempatkan khusus di taman makam pahlawan (TMP).

Memelihara pusara pahlawan sebagai bentuk penghargaan itu pun menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. Dalam waktu dekat, TMP yang terletak di Watu Pute Muna akan dipugar.

Melalui Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Muna, pemugaran TMP tersebut telah dianggarkan senilai Rp300 juta.

“Ada anggaran yang bersumber dari DAU tahun 2022 untuk memugar Taman Makam Pahlawan  Watu Pute. Anggarannya Rp 300 juta,” kata Kepala Dinsos Muna La Kore SPd MPd pada koran ini, Rabu (17/8), usai mengikuti upacara tabur bunga di TMP Watu Pute.

Ditemui di tempat yang sama, Bupati Muna LM Rusman Emba membenarkan rencana pemugaran tersebut. Katanya, sejumlah  fasilitas di TMP Watu Pute itu akan dibenahi.

“Tahun ini ada anggaran Rp300 juta untuk memperbaiki sejumlah fasilitas di TMP Watu Pute, untuk perbaiki pagar dan beberapa fasilitas lainnya, agar TMP Watu Pute lebih representatif nantinya,” pungkas Rusman.

Pantauan wartawan Berita Kota Kendari (BKK),  sejumlah fasilitas seperti papan nama para pahlawan di depan TMP Watu Puteh nyaris roboh. Begitu juga ruangan tempat penyimpanan karangan bunga dan bebarapa fasilitas lainnya, sudah rusak termakan usia.(tri/ada)

  • Bagikan