Tim PKM UM Kendari Latih Guru Pahami Standar Nasional PAUD Berbasis Web

  • Bagikan
Foto bersama seusai pelaksanaan pelatihan di PAUD Amanah Islamic School, Senin (15/8).

KENDARI, BKK- Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah (UM) Kendari menggelar pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Terhadap Standar Nasional PAUD Berbasis Web di 2 PAUD di Kota Kendari.

Adalah, PAUD Nurul Maghfirah yang dilaksanakan pada 13 Agustus 2022, dan PAUD Amanah Islamic School pada 15 Agustus 2022.

Ketua Tim PKM UM Kendari, Wa Rosida, S.Pd., M.Pd mengatakan, kegiatan pengabdian ini memberikan pelatihan kepada pendidik dan tenaga kependidikan dalam memahami standar nasional PAUD berbasis web.

Serta sambung Rosida, Tim PKM juga memberikan bimbingan teknis dalam pengelolaan dan penggunaan aplikasi website sekolah yang sudah dirancang dan desain untuk 2 PAUD itu.

“Dimulai dari bagaimana login ke website, mengubah user dan password admin hingga pada pengaplotan dokumen 8 standar nasional PAUD yang dimiliki masing- masing sekolah,” ujarnya, ujarnya, Minggu (17/8).

Dengan begitu, pendidik dan tenaga pendidikan di 2 PAUD tersebut, dapat meningkatkan kompetensinya.

Sehingga, data PAUD Nurul Maghfirah dan PAUD Al Amanah Islamic School tidak mudah tercecer, hilang, dan dengan mudah mempromosikan aktifitas dan keunggulan yang ada pada satuan pendidikan tersebut.

Sebut Rosida, 8 standar nasional PAUD tersebut mencakup, standar tingkat Pencapaian Perkembangan Anak, Standar Isi, Standar Proses, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

“Selain itu, Standar Sarana dan Prasarana, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan, dan  Standar Penilaian,” pungkasnya.

Diketahui, Tim PKM UM Kendari ini beranggotakan, Wa Rosida,S.Pd., M.Pd (ketua/dosen); Zila Razilu,S.Pd., M.Pd (anggota/dosen); Nurlina, S.Pd.I.,M.Pd (anggota/dosen); dan dibantu mahasiswa, Armadani (anggota/ mahasiswa) dan Muh. Mukamil (anggota/ mahasiswa). (adv)

  • Bagikan