KKIN VIII Dilakukan di BPVP Kendari

  • Bagikan
La Ode Haji Polondu (FOTO: MITA/BKK)

KENDARI, BKK – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari mulai melaksanakan kompetisi keterampilan instruktur nasional (KKIN) VIII, Senin (29/8) hari ini.

Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan dalam pelaksanaan KKIN kali ini, dirinya mengaku sudah melakukan berbagai persiapan untuk memenuhi standar kompetensi.

Adapun Kompetensi yang akan dilombakan adalah elektronika, pengelasan, lnstalasi listrik, pendingin dan tata udara, otomotif sepeda motor, otomotif kendaraan ringan, desain grafis, kecantikan, pelayanan restoran, solusi perangkat lunak, tata busana, merancang rekayasa mekanik CAD.

“Alhamdulillah, segala persiapan untuk pelaksanaan KKIN sudah kita rampungkan dan siap dilaksanakan sesuai jadwalnya. Yakni selama lima hari, sejak 29 hingga 2 Agustus 2022 dengan jumlah peserta lomba sebanyak 110 orang dari wilayah Sulawesi, Maluku dan Papua,” katanya, Minggu (28/8).

Lanjut Polondu, peserta kompetensi berasal dari 10 provinsi yaitu Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Barat (Sulbar), Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara dan Gorontalo.

“Nanti 12 bidang lomba yang diperlombakan akan dinilai kompeten pada aspek teknis dan metodologi oleh dewan juri yang dihadirkan dari pusat, hal itu untuk menjaga independensi dan profesionalisme pada proses penentuan juara,” jelasnya.

Untuk itu, selaku tuan rumah, Polondu mengaku tidak mempunyai kewenangan mengintervensi lomba. Sehingga, siapapun yang lolos sebagai juara akan kembali berkompetisi di Padang membawakan diri sebagai perwakilan Regional Wilayah Timur.

“Kami berharap kepercayaan yang diberikan kepada kami dapat kami jalankan dengan sukses sesuai harapan dan untuk para instruktur peserta KKIN bisa semakin meningkatkan kompetensi dalam menguasai kejuruan yang ditekuni,” tutupnya. (cr1/nan)

  • Bagikan