DSSP Power Kendari Terima Kunjungan FKHMEI Wilayah XVI

  • Bagikan
Foto bersama sebelum berkeliling di lokasi pembangkit listrik dan memperkenalkan mesin-mesin serta sistem kerja PLTU.

KENDARI, BKK- PT DSSP Power Kendari kembali menerima kunjungan dari sejumlah mahasiswa yang berasal dari Forum Komunikasi Himpunan Mahasiswa Elektro Indonesia (FKHMEI) Wilayah XVI di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kendari-3, yang berlokasi di Desa Tanjung Tiram Kecamatan Moramo utara Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Rabu (24/8).

FKHMEI wilayah XVI sendiri adalah forum yang beranggotakan himpunan mahasiswa elektro yang berada di Sulawesi Tenggara (Sultra), Sulawesi Utara (Sulut), dan Gorontalo.

Perwakilan PT DSSP Power Kendari Awi Kamaludin mengatakan, kampus yang mengirimkan peserta kunjungannya di PT DSSP Power Kendari antara lain Fakultas Teknik (FT) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), FT Politeknik Negeri Manado (POLIMDO), FT Universitas Teknologi Sulawesi Utara (UTSU).

Selain itu, FT Universitas Negeri Gorontalo (UNG), FT Universitas Ichsan Gorontalo (UNISAN), FT Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, serta jurusan elektronika program vokasi UHO Kendari.

“Kunjungan tersebut diawali dari pengenalan profil perusahaan dan dilanjutkan dengan pengenalan lapangan, yakni dengan berkeliling lokasi pembangkit listrik dan memperkenalkan mesin-mesin dan sistem kerja PLTU,” ujar Awi, Senin (29/8).

Hal tersebut, sambung dia, dimaksudkan agar mahasiswa dapat melihat langsung proses pembangkitan listrik yang selama ini mereka pelajari di bangku perkuliahan.

‚ÄúDunia industri adalah dunia yang membutuhkan analisis dan perhitungan. Untuk itu, dunia industri dan akademis adalah dua hal yang tak bisa dipertentangkan. Harapan kami, kegiatan ini tak hanya menjadi kunjungan biasa, tapi sebagai media untuk belajar dan melengkapi kepingan ilmu pengetahuan yang telah didapatkan di bangku perkuliahan,” ucapnya.

Dengan adanya kunjungan tersebut, PT DSSP Power Kendari juga berharap hubungan antara perusahaan dan pihak civitas akademika yang telah berjalan baik dapat terus harmonis. Lebih jauh kata dia, kunjungan ini sejalan dengan komitmen perusahaan dalam peningkatan kualitas pendidikan di area operasional perusahaan.

Secara umum, di bidang pendidikan, PT DSSP Power Kendari telah menerima beberapa kunjungan. Pada 2021 telah menerima mahasiswa dan mahasiswi dari FT UHO. Selain kunjungan industri dari perguruan tinggi, terdapat pula kunjungan dari siswa dan siswi sekolah menengah atas (SMA) di sekitar wilayah operasional.

PT DSSP Power Kendari juga membangun sarana rumah baca terapung, membagikan buku bacaan, dan memberikan bantuan sarana belajar di sekolah sekitar wilayah operasional. Program-program peningkatan kualitas pendidikan tersebut, bagian dari program corporate social responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Diketahui, PT DSSP Power Kendari merupakan Independent Power Producer (IPP) berkapasitas 2×50 MW yang menyuplai kebutuhan listrik ke masyarakat serta mendukung sistem kelistrikan di Sulawesi Tenggara. (adv)

  • Bagikan