Ali Mazi dan Menkop UKM Tinjau Lokasi Budidaya Ikan Teri dan Lobster

  • Bagikan
Gubernur Ali Mazi dan Menkop UKM Teten Masduki saat melakukan kunjungan kerja di Buteng. (FOTO: Diskominfo Sultra)

KENDARI, BKK – Gubernur Sultra, H Ali Mazi bersama Menteri Koperasi dan UMKM (Menkop UKM), Teten Masduki meninjau lokasi budidaya ikan teri dan lobster di Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sabtu (10/9).

Kunjungan Gubernur Sultra Ali Mazi bersama  Menkop UKM Teten Masduki tersebut merupakan rangkaian kegiatan Semarak Kemerdekaan Koperasi dan UMKM Buteng tahun 2022.

Gubernur Ali Mazi mengatakan, berencana akan mengembangkan rumput laut sebagai projek kedepannya.

Tentu ini akan dikonfirmasi terlebih dahulu oleh Menteri Kelautan.

“Mudah-mudahan pengembangan lobster ke depan menjadi salah satu projek kita. Kita juga akan memberikan bantuan yang akan di sampaikan kepada Menteri Kelautan,” ungkapnya.

Sementara itu, Menkop UKM Teten Masduki dalam sambutannya menyatakan, bahwa di Buteng ada tiga yang menarik untuk dikembangkan diantaranya sumber daya laut yakni budi daya tangkap, budi daya lobster, dan rumput laut, kacang mente dan keindahan wisata alam.

Selanjutnya kata dia, tahun ini usaha mikro dan informal harus segera memiliki nomor induk berusaha dengan target 2,5 juta. Menteri Teten Masduki juga menyarankan agar para Bupati dan Kepala Dinas terkait, mendampingi para usaha mikro agar bisa mendapatkan nomor induk berusaha, lewat OSS sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo.

“Tujuan usaha mikro kecil mendapatkan nomor induk berusaha, agar mudah mengakses pembiayaan, mendapatkan sertifikasi halal, sertifikasi produk, sertifikasi daging edar dari BPOM dan lain sebagainya,” terangnya.

Menkop UKM Teten Masduki juga akan mendorong UMKM Go Online. Targetnya sampai 30 juta pada tahun 2024 dan Target di angka 30%, kredit perbankan harus untuk UMKM.

Usai melakukan tinjuan lobster di Desa Wakambangura, Gubernur bersama Menkop UKM Teten Masduki bersama rombongan lainnya mengarah ke Pantai Mutiara. Disana tempat berlangsungnya Gubernur Ali Mazi dan Menkop UKM Teten Masduki berdialog bersama dengan tema “optimalisasi Koperasi dan UMKM dalam pengembangan sektor pariwisata di Buton Tengah” (cr3/nan)

  • Bagikan