Menkop UKM Teten Masduki Kagumi Potensi Wisata dan Kekayaan Laut Buteng

  • Bagikan
Menkop UKM Teten Masduki didampingi Pj Buteng Muh Yusuf dan Kepala Desa Terapung melihat langsung proses penjemuran ikan teri. (FOTO:IST)

LABUNGKARI, BKK – Menteri Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (Menkop-UKM) Republik Indonesia Teten Masduki menyebut, banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan di Buton Tengah (Buteng).

“Setelah saya berkunjung di beberapa tempat, saya melihat banyak potensi ekonomi UMKM yang bisa di kembangkan, mulai dari sumber daya laut yakni rumput laut, lobster, dan ikan teri. Marketnya sangat bagus, ini potensial menjadi besar untuk dikembangkan,” ujar Teten, Sabtu (10/9).

Selain itu, Teten mengagumi potensi wisata Buteng yang menyimpan potensi pariwisata kelas dunia. Sayangnya, potensi besar itu belum dikelola dengan baik sebagai kekuatan ekonomi.

“Destinasi wisata di Buteng beragam, mulai wisata alam seperti gua hingga laut, dan wisata budaya seperti fashion dari kain tenun yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan,” ucapnya.

Menurut Teten, Buteng perlu melakukan perencanaan yang tepat sebagai penunjang pertumbuhan perekonomian dari kolaborasi pariwisata berbasis koperasi.

“Kami optimis dengan elevasinya lewat pariwisata, bisa mendorong pertumbuhan UMKM di Buteng. Kita perkuat koperasi-koperasi, asalkan ini menjadi kebijakan prioritas pemerintah daerah,” katanya.

Teten yang didampingi istri telah mengunjungi beberapa desa di daerah berjuluk “Negri Seribu Gua” tersebut. Di antaranya, Desa Terapung dengan sumber daya penghasil ikan teri, Desa Wakambangura yang memiliki penangkaran lobster, Desa Gumanano lokasi kampung tenun, dan Desa Mone lokasi pengolahan jambu mete.

Di tempat yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi ,mengatakan akan terus memberikan perhatian yang besar terhadap pelaku UMKM, baik itu bantuan permodalan, keringanan kredit perbankan, pendidikan, pelatihan, hingga fasilitas.

“Semua itu merupakan wujud perhatian pemerintah sebab UMKM merupakan penopang ekonomi nasional,” katanya.

Ali Mazi bilang, UMKM di Sultra, khususnya di Buteng, perlu menjadi perhatian untuk mencari solusi dan melakukan terobosan yang dapat meningkatkan daya saing.

“Kami mengharapkan semua pihak terkait untuk mendukung upaya pengembangan UMKM agar semakin maju dan naik kelas dengan memfasilitasi potensi unggulan mereka,” ucapnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Bupati Buteng Muhammad Yusuf mengatakan, tujuan kedatangan Menkop UKM yakni untuk melihat secara langsung tentang kekayaan alam serta potensi wisata Buteng. Sehingga, nantinya akan dikaitkan dengan pengembangan pariwisata berbasis koperasi.

“Selama ini, kita punya potensi yang belum dikelola. Olehnya itu, kedatangan mentri ini memberikan manfaat untuk menyosialisasikan langsung dan mengedukasi bagaimana kita mau mengembangkan Koperasi dan UMKM, yang tentunya menjadi nilai tambah bagi produk-produk UMKM,” tuntas Yusuf. (m1/man)

  • Bagikan