Hemat Energi, Dishub Pasang 300 Lampu Jalan LED

  • Bagikan
Kepala Dinas Perhubungan Kota Kendari (FOTO: ERVIANA HASAN/BKK)

KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari mengganti lampu jalan yang ada disepanjang jalan kota dengan menggunakan lampu light emitting diode (LED).

Pemasangan sebanyak 300 unit itu dilakukan untuk menghemat energi.

Kepala Dishub Kota Kendari, Laode Abdul Manas Salihin mengatakan saat ini pihaknya mengutamakan pemasangan lampu ripe LED di wilayah yang padat dilalui kendaraan atau jalur utama lalu lintas kendaraan.

“Memang pergantian lampu itu bagian dari kegiatan kami terkait pergantian dari lampu mercury ke lampu LED. Jadi selain lebih terang, lampu LED ini juga bisa hemat energi,” katanya saat ditemui usai peresmian renovasi Kantor Kejaksaan Negeri Kendari, Kamis (6/10).

“Jadi kalau lampu yang selama ini kita lihat itu lampu mercury dia dayanya sampai 250 Watt. Sementara yang LED dayanya hanya 120 watt. Ini sudah sementara kami laksanakan pemasangannya dan sekarang sudah masuk tahap penyelesaian,” tambahnya.

Dijelaskan, pergantia lampu jalan tersebut telah dilakukan sejak tahun 2021 lalu dan direncanakan akan dilakukan secara intens hingga tahun 2023 mendatang. 

Dikatakan, tahun ini berdasarkan data Dishub Kota Kendari, pemasangan dilakukan di sepanjang jalang Abdullah Silondae, Kecamatan Puuwatu dan sebagian wilayah Anduonohu.

“Kami akan melakukan penggantian Lampu ini di seluruh wilayah Kota Kendari. Tapi karena keterbatasan anggaran jadi kita lakukan secara bertahap tidak serta-merta langsung sekali jalan,” bebernya. (p1/nan)

  • Bagikan