Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Tradisional Kota Kendari Relatif Stabil

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Harga kebutuhan pokok di Pasar tradisional di kota Kendari relatif stabil, jika dibandingkan dengan keadaan bulan lalu. Salah satu penjual di Pasar Mandonga Marnia mengatakan harga kebutuhan pokok saat ini masih stabil.

“Harga yang sudah turun seperti bawang merah, bawang putih, tomat, cabe rawit, telur serta sayuran juga relatif stabil,” ungkapnya, Minggu (16/10).

Dijelaskan, harga bawang bawang merah kini dibanderol seharga Rp40 ribu/kg, sangat jauh dari bulan lalu sebesar Rp60 ribu/kg. Kemudian, Bawang putih dibanderol seharga Rp40 ribu/kg, harga bulan lalu di jualkan sebesar Rp50 ribu. Kemudian telur ayam Rp55 sampai 60ribu tergantung ukuran telur.

“Alhamdulillah saat ini harga kebutuhan pokok sudah turun, jika dibandingkan dengan bulan lalu,” ucapnya.

Lanjut Marnia, untuk harga tomat kini dibanderol seharga Rp5 ribu/kg, jika dibandingkan dengan keadaan bulan lalu dijualkan dengan harga Rp15 ribu/kg.

“Cabai rawit kini dibanderol seharga Rp60 ribu/kg, harga ini juga sangat jauh jika dibandingkan dengan bulan lalu dijualkan sebesar Rp80 ribu/kg, cabe keriting dibanderol dengan Rp50 ribu per kg, dan cabai besar Rp55 ribu dari Rp60 ribu,” ucapnya.

Dijelaskan, katanya penurunan ini sudah terjadi sejak beberapa minggu yang lalu karena ketersediaan hingga saat ini tercukupi, sehingga harga juga relatif stabil.

“Harga di pasar stabil karena ketersediaan banyak, coba misalnya kurang pasti itu harga bisa melambung tinggi seperti beberapa bulan yang lalu,” ujarnya.

Sementara itu, hal yang sama juga terjadi di Pasar Baruga, harga kebutuhan pokok juga relatif stabil.  Salah satu pedagang di Pasar Baruga Bude menjelaskan, ada beberapa kebutuhan yang penurunan harganya drastis jika dibandingkan dengan waktu bulan lalu seperti cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, serta tomat.

“Cabai rawit kini dibanderol seharga Rp50 ribu/kg, turun jika dibandingkan dengan bulan lalu sebesar Rp70ribu/kg, cabai keriting kini dibanderol seharga Rp45 ribu/kg, sebelumnya Rp 50 ribu/kg,” jelasnya.

Kemudian, bawang merah kini dibanderol seharga Rp35 Ribu per/kg jika dibandingkan dengan bulan lalu sebesar Rp50 ribu/kg. Sedangkan harga normalnya bawang merah itu sebesar Rp35ribu/kg dan kalau untuk bawang putih kini dibanderol seharga Rp40ribu/kg.

“Tomat kini dibanderol seharga Rp5 ribu/kg. Sebelumnya waktu bulan lalu di jualkan dengan harga Rp20 ribu/kg,” cetusnya.

Lanjutnya, untuk harga sayuran juga relatif stabil seperti sayur bayam kini dibanderol seharga Rp5 ribu per 2 ikat, kacang panjang kini dibanderol seharga Rp5 ribu per 2 ikat, serta kangkung kini dibanderol seharga Rp10 ribu per 4 ikat.

Ditempat yang sama juga salah satu masyarakat yang berbelanja Wa Naana mengungkapkan rasa syukur alhamdulillah harga-harga kebutuhan di pasar kini relatif terjangkau.

“Alhamdulillah harga kebutuhan untuk dapur di pasar kini agak terjangkau, semoga keadaannya akan seperti ini terus,” tandasnya. (cr4)

  • Bagikan