Peringati Hari Pangan Sedunia, Himagi FKM UHO Gelar Food Bazar

  • Bagikan
Suasana foto bersama mahasiswa gizi Kelas Gizi B (GB) 2022 saat menjajakan kulinernya di Food Bazar FKM UHO. (FOTO: SUMARDIN/BKK)

KENDARI, BKK  – Dalam rangka menyemarakkan Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada 16 Oktober 2022, Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagi) Program Studi (Prodi) Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan food bazar, Senin (17/10).

Ketua Prodi Gizi FKM UHO Lisnawaty mengatakan, kegiatan food bazar ini menampilkan olahan makanan hasil kreativitas mahasiswa prodi gizi dengan menyajikan makanan tradisional dan  modern.

Menu bazar yang disajikan di pelataran FKM UHO itu, di antaranya lapa-lapa, kasuami, barobbo, nasi bakar, kue-kue tradisional, serta berbagai macam hasil olahan makanan lainnya.

“Masih dalam rangkaian kegiatan hari pangan sedunia, pada bulan November nanti Prodi Gizi FKM UHO juga akan melaksanakan seminar nasional,” ujarnya.

Melalui kegiatan seperti ini, dirinya berharap, Mahasiswa Prodi Gizi FKM UHO dapat melatih dan mengembangkan kretivitas dan inovasi, dalam mengembangkan bahan pangan menjadi olahan yang sehat dan bergizi.

Ia juga berharap, pelaksanaan event-event oleh mahasiswa terus dapat dilaksanakan dan ditingkatkan, sehingga dapat meningkatkan keterampilan dan soft skill mahasiswa itu sendiri.

“Saya berharap, ke depannya mahasiswa kami bukan hanya melaksanakan dan mengikuti event-event lokal tetapi juga dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan yang berskala nasional. Pihak kampus juga sangat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa, melalui penyediaan fasilitas yang mendukung kegiatan mahasiswa,” ucapnya.

Sementara itu, ketua panitia food bazar Arna Natalia mengatakan, kegiatan Food Bazar ini juga ajang promosi Prodi Gizi FKM UHO sekaligus memberikan edukasi pangan lokal dan pangan bergizi kepada masyarakat luas, khususnya kepada mahasiswa.

Ia menjelaskan, terselenggaranya kegiatan yang terbilang baru tersebut, tidak lepas dari dukungan Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagi) dan Prodi Gizi FKM UHO khususnya para pimpinan dan dosen.

“Ada tiga angkatan yang turut berpartisipasi dalam food bazar ini, yakni angkatan 2020, 2021, dan 2022. Masing- masing angkatan  2 kelas atau 2 stand. Walau pelaksanaan food bazar ini cukup singkat atau 1 hari, tetapi pengunjungnya sangat antusias, baik dari lingkup FKM, berbagai jurusan lingkup UHO, sampai mahasiswa luar UHO,” tuturnya.

Apalagi pihak panitia, sambung dia, menyediakan live musik bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan  lagu untuk menambah kemeriahan dan memberikan hiburan kepada pengunjung food bazar ini. 

Ia berharap, mahasiswa lebih bisa lagi menjaga pola makannya dan bijak memilih kuliner- kuliner sehat untuk di konsumsi serta meningkatkan kualitas kuliner di Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Intinya food bazar ini kita memperkenalkan dan mengedukasi masyarakat luas, sehingga memberikan wawasan dan inovasi. Mahasiswa juga bisa menjadikan kuliner ini inspirasi sebagai peluang wirausaha baru begitu,” pungkasnya. (din/ada)

  • Bagikan