Lakukan Pelatihan, BPVP Kendari Libatkan Siswa Disabilitas

  • Bagikan
Kepala BPVP Kendari saat meninjau proses pelatihan bersama dengan para peserta

KENDARI, BKK – Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Kendari melibatkan siswa disablitas dalam melakukan pelatihan.

Itu dilakukan guna mendorong peningkatan kualitas dan produktivitas kepada seluruh siswa disablitas yang tergabung dalam program pelatihan berbasis kompetensi.

Kepala BPVP Kendari, La Ode Haji Polondu mengatakan beberapa pelatihan yang diberikan bagi siswa penyandang disablitas diantaranya membuat anyaman berbahan tali rafia.

Pelatihan itu, sambung dia, merupakan salah satu upaya pemenuhan kebutuhan dasar untuk meningkatkan kesejahteraan bagi penyandang disabilitas serta memberikan akses dan peluang terhadap suatu pekerjaan yang layak.

“Kita memiliki tugas untuk memberikan keterampilan bagi masyarakat, tanpa melihat dari sisi keterbatasan yang dimiliki oleh mereka,” katanya saat memantau proses pelatihan akhir pekan kemarin.

Dijelaskannya, melihat antusias para peserta disablitas, kedepan pihaknya juga berencana membuka beberapa paket pelatihan sebagai perwujudan dari program sembilan lompatan Kementerian Ketenagakerjaan.

“InsyaAllah, ke depan kami akan buka satu atau dua paket  kejuruan khusus bagi penyandang disabilitas. Apalagi, beberapa bangunan workshop pelatihan BPVP Kendari sudah memenuhi standar untuk pelatihan penyandang disabilitas,” paparnya.

Dengan melihat kualitas dan kompetensi yang di miliki oleh para peserta, ia berharap kedepan dunia usaha dan dunia industri serta asosiasi bisa semakin membuka kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan kemampuan serta peluang kerja.

“Mereka juga memiliki hak yang sama seperti kita, mendapatkan pekerjaan yang layak dan hak penghidupan yang layak. Maka hal yang paling penting adalah bagaimana mengantar dan membimbing mereka agar memiliki keterampilan ini menjadi tugas kita bersama,” pungkasnya. (p1/nan)

  • Bagikan