Temukan Sampah Berserakan di Pinggir Jalan, Bupati Butur Perintankan  DLH Cari Solusi

  • Bagikan
Bupati Butur Muh Ridwan Zakariah meninjau TPA di Elahaji.

BURANGA, BKK – Bupati Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakariah, melakukan inspeksi  mendadak (tidak) langsung ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Elahaji  Kecamatan Kulisusu, akhir pekan kemarin.

Dalam kunjungan tersebut, Ridwan sepertinya terganggu dengan pemandangan tumpukan sampah yang banyak berserakan di pinggir jalan. Ia pun langsung  memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan  (DLH) Butur segera mencari solusi untuk menangani sampah tersebut.

“Dampak membuang sampah sembarangan akan merusak pemandangan, mendatangkan bau yang tidak sedap, sehingga mendatangkan berbagai penyakit dan dapat mencemari lingkungan,” katanya.

Dijelaskan, pembuangan sampah yang seharusnya bukanlah di pinggir jalan. Olehnya, permasalahan sampah tersebut perlu segera ditangani.

“Kebersihan menguatkan kualitas hidup kita, terutama terkait dengan kesehatan,” tuturnya.

Diketahui, permasalahan sampah di Butur memang nampaknya belum sepenuhnya tertangani. Tumpukan sampah masih banyak ditemukan di ruas-ruas jalan.

DLH Butur sendiri mengaku ada kelemahan-kelemahan tertentu yang masih menjadi kendala penanganan sampah, yakni kurangnya tong sampah, dan pengawasan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Padahal, pengelolaan sampah yang baik bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan serta menjadikan sampah sebagai sumber daya.(dar/ada)

  • Bagikan