Pengabdian Masyarakat, Stikes Pelita Ibu Gelar Penyuluhan Kesehatan

  • Bagikan
foto bersama usai menggelar penyuluhan kesehatan antara Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu dengan Pemerintah Desa Lakara Kecamatan Palangga Selatan Konawe Selatan, Sabtu (22/10) (foto:Ist)

KENDARI, BKK – Program Studi (Studi) Administrasi Rumah Sakit Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Pelita Ibu menggelar penyuluhan kesehatan.

Sosialisasi kesehatan ini digelar di Desa Lakara Kecamatan Palangga Selatan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) sebagai bentuk pengabdian di masyarakat.

Ketua Prodi S1 Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu Kendari, Fitri Kurniawati SKM MMR mengatakan bertujuan membantu masyarakat tertentu dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dibawah kepemimpinan Ketua Stikes Pelita Ibu Dra. Hj Rosmawati Ibrahim, SST., MS., M.Kes,” katanya, Senin (24/10).

Dijelaskan, kegiatan penyuluhan ini dibagi menjadi empat topik yakni penyuluhan kesehatan untuk ibu dan anak, penyuluhan mengenai sistem rujukan, penyuluhan mengenai kesehatan mulut dan gigi dan penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama antara pemerintah desa Lakara bersama dosen Prodi Administrasi Rumah Sakit Stikes Pelita Ibu,” ujarnya.

Dirinya mengharapkan, dengan adanya kegiatan seperti ini bertambah kecepatan proses peningkatan kemampuan sumber daya manusia (SDM) sesuai dengan laju pertumbuhan pembangunan serta semakin terbinanya masyarakat untuk hidup sehat demi menempuh nilai-nilai sosial budaya dan norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.

“Serta bisa menjadi masukan bagi Program Studi dalam rangka meningkatkan relevansi pendidikan, diperlukan adanya ahli-ahli yang memiliki kemampuan secara interdisipliner dan multidisipliner,” jelasnya.

Untuk diketahui, Prodi ini mempelajari tentang pengelolaan rumah sakit mulai dari A sampai Z serta bagaimana menjalankan sistem rumah sakit secara sistematik, mengelola kegiatan manajerial dan mengurus operasional rumah sakit secara efisien. (nan)

  • Bagikan