Polda Sultra Kerahkan 5 Satgas Siaga Bencana Alam

  • Bagikan
Pengecekan Peralatan Siaga Bencana Alam. (FOTO:SUHARDIMAN/BKK)

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar apel kesiapsiagaan bencana di Lapangan Apel Mapolda Sultra, Senin (24/10).

Dipimpin langsung oleh Kepala Biro (Karoops) Polda Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombespol) Tumpal Damayanus SH MH, apel tersebut diikuti personel gabungan Brimob, Polair dan Samapta.

“Hari ini (kemarin,red) jajaran khusus Polda Sultra siap personel dan peralatan untuk hadapi gangguan bencana alam yang saat ini seperti banjir, longsor dan puting beliung di wilayah Sultra,” terang Tumpal.

Tumpal mengatakan apel kesiapsiagaan merupakan perwujudan dalam rangka Operasi Aman Nusa kontijensi ke-II terkait dengan bencana alam.

“Kontinjensi adalah suatu keadaan atau situasi yang diperkirakan akan segera terjadi, tetapi mungkin juga tidak akan terjadi,” ujar Tumpal.

Lanjut Tumpal mengatakan menghadapi kontinjensi bencana alam, pihaknya mengerahkan kekuatan 5 satgas yakni satgas pencarian dan pertolongan (SAR), satgas penyelamatan, satgas dokkes, lidik sidik, serta satgas bantuan operasi.

“Jadi kami pastikan semua satgas siap untuk melaksanakan kegiatan apabila terjadi bencana alam di Sultra,” tegas Tumpal.

Diketahui, menghadapi siaga bencana alam personel Polda Sultra bersinergi dengan stakekehodler yakni dengan TNI, Pemerintah Daerah, BPBD dan Pemerintah Provinsi. (cr2/nan)

  • Bagikan