DPC ISAA Konut Tuntut PT BKA Berdayakan Agen Kapal Lokal

  • Bagikan
Massa aksi dari DPC ISAA Konut saat orasi di depan Kantor PT Bumi Konawe Abadi, Desa Motui, Kecamatan Motui, Selasa (25/10). (FOTO: VELY SARMAN/BERITA KOTA KENDARI)

WANGGUDU, BKK – Dewan Pengurus Cabang (DPC) Indonesia Shipping Agencies Association (ISAA) Konawe Utara (Konut), menuntut pemberdayaan pengusaha keagenan kapal lokal yang berdomisili di lingkar tambang nikel PT Bumi Konawe Abadi (BKA), Selasa (25/10).

Puluhan massa ISAA Konut melakukan demonstrasi di Kantor PT BKA di Desa Motui Kecamatan Motui.

Salah satu pengunjuk rasa Iqbal mengatakan, kehadiran perusahaan tambang PT BKA di wilayah Motui tentu membawa angin segar bagi masyarakat lingkar tambang.

Namun, lanjutnya, sangat disayangkan sampai saat ini pemberdayaan masyarakat belum dilakukan PT BKA, khususnya bagi pengusaha lokal keagenan kapal yang berdomisili di Kecamatan Motui.

“Untuk itu, kami meminta pihak perusahaan untuk memberdayakan perusahaan keagenan lokal yang berada di wilayah lingkar tambang. Dengan harapan dapat membantu meningkatkan perekonomian bagi para pelaku UMKM,” ujarnya.

Sebagai perkumpulan perusahaan keangenan lokal, DPC ISAA Konut mendesak PT BKA untuk memberi peluang atau memberdayakan perusahaan-perusahaan keagenan lokal, dengan cara menunjuk secara resmi DPC ISAA untuk mengambil alih kepengurusan keagenan kapal di wilayah jetty/tersus PT BKA.

Dengan begitu, kata dia, diharapkan nantinya DPC ISAA Konut akan menaungi seluruh perusahaan keagenan lokal, untuk berkegiatan di PT BKA. Sehingga tidak ada lagi agen-agen kapal lokal yang menjadi penonton di daerah sendiri. (vel/nir)

  • Bagikan