Peserta Porprov Lebihi Target, KONI Muna Keluhkan Dana Terbatas

  • Bagikan
Ilustrasi

RAHA,BKK – Perwakilan Kabupaten Muna yang akan menjadi peserta Pekan Olagraga Provinsi (Porprov) Sultra 2022, sebelumnya hanya ditargetkan 500 orang yang terdiri dari atlit, official, dan pelatih. Kini jumlahnya melebihi target hingga mencapai 700 orang.Hal ini pun dikeluhkan pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Muna, sebab akan berdampak pada pembiayaan yang lebih besar sementara dana terbatas.

“Awalnya kita sudah aturkan bahwa atlit yang berangkat berikut official dan pelatih itu sekitar 500 orang saja. Tapi kemudian, banyak yang protes hingga jumlah atlit berikut official dan pelatih bertambah jadi lebih 700 orang,” kata Ketua KONI Kabupaten Muna Drs H Bachrun MSi, Selasa (8/11).

Diuraikan, jumlah keseluruhan anggaran yang disediakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)Muna untuk kegiatan Porprov ke-14 yang dipusatkan di Kabupaten Buton dan Kota Baubau itu, hanya senilai Rp4 miliar.

“APBD induk itu anggaran Porprov kita hanya Rp2,6 miliar. Kemudian ditambah di APBD perubahan sekitar Rp2 miliar, ya total lebih Rp4 miliar saja,” sebut Bachrun.

Diakui pula, hingga saat ini barulah dana cabang olahraga (cabor) yang cair. Selain itu, dana kebutuhan Porprov lainnya, baik itu yang melekat di KONI maupun Dispora Muna belum dicairkan.

“Kita tunggu DIPA APBD perubahan 2022, baru bisa dicairkan anggaran Porprov,” ungkapnya.
Kendati demikian, Bachrun menargetkan Pemkab Muna meraih prestasi terbaik dalam Porprov Sultra yang akan dibuka 26 November tersebut.

“Pertama kita hargai undangan Pak Gubernur Sultra yang menggelar Porprov ke-14 di Baubau dan Buton. Kedua atlit kita yang tampil untuk meraih prestasi,” pungkasnya. (tri/ada)

  • Bagikan