Ekspor Hasil Perikanan Didominasi 2 Negara Tujuan

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Ekspor hasil perikanan di Sulawesi Tenggara (Sultra) didominasi dua negara tujuan yakni Jepang dan Amerika.

Hal ini diungkapkan Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu (BKIPM) dan Keamanan Hasil Perikanan Kendari, Amdali Adhitama, Senin (14/11). Kata dia, ekspor hasil perikanan ke Jepang dan Amerika didominasi udang vaname dan gurita

“Berdasarkan data yang ada selama periode Januari hingga Oktober, Sultra telah mengekspor hasil perikanan kedua Negara Jepang dan Amerika sebesar 553,77 ton dengan total nilai Rp116,91 miliar,” katanya.

Dikatakan, ekspor hasil perikanan di dua negara tersebut telah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dan pengirimannya melalui Pelabuhan Kendari.

“Setiap tahun permintaan ke dua negara tersebut tinggi. Sehingga para pengusaha kita juga selalu memastikan ketersediaan pasar untuk memenuhi permintaan,” jelasnya.

Dirinya berharap, para pelaku ekspor tersebut bisa meningkatkan produksi dan mempertahankan kualitas mutunya untuk menjamin apa yang diekspor sehat, bermutu dan aman untuk dikonsumsi baik untuk masyarakat luas ataupun di negara tujuan ekspor.

“Karena jaminan mutu ini sangat berpengaruh dan berperan terhadap kepercayaan di negara tujuan ekspor,” paparnya. (cr3/nan)

  • Bagikan