Harga Bahan Pokok di Bulan November Terpantau Stabil

  • Bagikan
Penjual di Pasar Mandonga Kendari.

KENDARI, BKK – Harga sembako di Pasar tradisional Kota Kendari pada pertengahan bulan November 2022 terpantau masih stabil.

Salah satu penjual di Pasar Mandonga Sulistina mengatakan harga kebutuhan pokok saat ini masih stabil, karena ketersediaan masih banyak. Tetapi hal ini tidak dipungkiri jika bulan depan akan mengalami kenaikan harga.

“Di bulan Desember 2022 ada perayaan Natal dan tahun baru, pengalaman tahun-tahun sebelumnya kami dari penjual pasti harga akan mengalami kenaikan,” ungkapnya, Selasa (15/11).

Dijelaskan, harga bawang merah kini dibanderol seharga Rp35-40 ribu/kg, harga ini masih sama dengan keadaan bulan lalu. Kemudian, Bawang putih dibanderol seharga Rp35 ribu/kg, turun sebesar Rp5 ribu karena bulan lalu masih dijualkan sebesar Rp40 ribu.

“Alhamdulillah saat ini harga kebutuhan pokok masih stabil, kebanyakan harga-harga masih sama dengan bulan lalu,” ucapnya.

Lanjutnya, untuk harga cabai rawit kini dibanderol seharga Rp60 ribu/kg, harga ini juga masih sama dengan bulan lalu, cabe keriting dibanderol dengan harga sebesar Rp40 ribu/kg, turun Rp10 ribu jika dibandingkan dengan bulan lalu yang masih dijualkan Rp50 ribu per/kg, dan cabai besar di jualkan sebesar Rp40-45 ribuan per/kg.

“Kami juga para pedagang senang kalau sembako normal, jadi stok dagangannya kita juga tidak tersimpan lama,” ujarnya.

Sementara, pedagang lain juga menyebutkan hal yang sama seperti telur ayam harganya juga masih stabil.

“Harga telur tergantung ukurannya saya jualkan mulai dari harga Rp45, 50 dan ukuran jumbo itu per rak sebesar Rp55,” ucapnya.

Hal yang sama juga terjadi di Pasar Baruga, harga kebutuhan pokok juga relatif stabil.

Salah satu pedagang di Pasar Baruga Ruslan menjelaskan, harga kebutuhan pokok juga normal tidak mengalami kenaikan seperti cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, serta tomat.

“Cabai rawit kini dibanderol seharga Rp55 ribu/kg, cabai keriting kini dibanderol seharga Rp40 ribu/kg, dan cabai besar juga di jualkan sebesar Rp40/kg,” jelasnya.

Kemudian, bawang merah kini dibanderol seharga Rp35 Ribu per/kg dan bawang putih juga dibanderol seharga Rp35 ribu/kg. Harga ini juga masih sama dengan bulan lalu.

“Tomat kini dibanderol seharga Rp10 ribu/kg. Naik jika dibandingkan bulan lalu yang masih dijualkan sebesar Rp5/kg,” cetusnya.

Lanjutnya, untuk harga sayuran juga relatif stabil seperti sayur bayam kini dibanderol seharga Rp5 ribu per 2 ikat, kacang panjang kini dibanderol seharga Rp5 ribu per 2 ikat, serta kangkung kini dibanderol seharga Rp10 ribu per 5 ikat.

“Semoga pada bulan depan harga-harga tetap normal, stok akan tetap banyak sehingga harga Pasar tidak akan bergejolak,” tandasnya. (cr4)

  • Bagikan