Pabrik Baterai Dibangun di Konawe Mulai 2023, Kadin Sultra Siap Kawal

  • Bagikan
Wagub Lukman Abunawas duduk bersama Chairman Gotion High Tech Mr Li Zhen,saat mendatangani kerja sama disaksikan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang dan instasi terkait lainnya. (FOTO: Suhardiman/BKK)

KENDARI, BKK – Salah satu perusahaan asal China, Gotion High tech Co. Ltd, siap membangun pabrik baterai di Kecamatan Routa Kabupaten Konawe mulai 2023 mendatang. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah dilakukan, Selasa (22/11), pada salah satu hotel di Kota Kendari.

Wakil Gubernur (Wagub) Sultra Lukman Abunawas mengatakan, pembangunan pabrik baterai ini akan membawa dampak baik bagi perekonomian daerah dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi warga lokal.

“Ini mampu menampung 20 ribu tenaga kerja. Mulai tahun depan mereka supervisi, rencana 2023,” ungkap Lukman ditemui usai penandatanganan MoU tersebut.

Lukman berharap, masuknya investor dari Negeri Tirai Bambu itu, masyarakat dapat bersama-sama menjaga keamanan dan kenyamanan di daerah agar inverstor lain juga tertarik masuk untuk meningkatkan perekonomian daerah di Bumi Anoa ini.

Hal senada dikatakan Ketua Kadin Sultra Anton Timbang. Ia mengaku siap mendukung dan mengawal investasi pembangunan pabrik baterai tersebut.

“Sebagai Ketua Satgas Investasi, saya akan terus memantau dan mengawal proses perizinan sehingga apa yang telah direncanakan dapat berjalan dengan lancar dan investor dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman,” kata Anton.

Ia berharap, pembangunan pabrik baterai oleh salah satu perusahaan terbesar di dunia itu berjalan sesuai rencana. Begitu pun dampak perekonomian di Sultra diharap semakin membaik pula.

Di tempat yang sama, Chairman Gotion High Tech Mr Li Zhen, melalui Anwar selaku penerjemah menyampaikan, dirinya mengaku berbahagia bisa sampai di Sultra yang menurutnya sangat indah.

“Hari ini (kemarin,red) saya datang di sini membawa semua jajaran dari Gotion High Tech, karena mendapat sambutan yang hangat dari Bapak Wakil Gubernur Lukman Abunawas dan kami juga ikut menikmati sebuah daerah yang indah dari Timur Indonesia yang bernama Sulawesi Tenggara,” ujarnya.

Mr Li Berharap, perusahaannya bisa benar-benar merealisasikan pembangunan baterai di Sultra sesuai apa yang diharapkan bersama. (cr2/cr3/ada)

  • Bagikan