Taken MoU dengan BRIN, Rektor Harap USN Kolaka Jadi Point Of Excellent Riset Pertambangan

  • Bagikan

KOLAKA, BKK- Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka di usianya yang masih sangat muda terus berupaya mengembangkan berbagai inovasi dan riset, dalam meningkatkan kualitas kampus merah marun ini. Khususnya dalam hal meningkatkan sumber daya manusia serta Ilmu pengetahuan dan Teknologi.

Komitmen itu dituangkan dalam nota nesepahaman (memorandum of understanding/MoU) antara kampus USN dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), disaksikan oleh tenaga dosen dan civitas akademika di Hotel Sutan Raja, Rabu (23/11).

Dalam kesepakatan itu USN dan BRIN berkomitmen mendorong peningkatan sumberdaya manusia melalui kerjasama dalam hal berbagai penelitian yang konstruktif.

Ketua Panitia Dr Yuli Purbaningsih menjelaskan, penandatangan MoU tersebut merupakan salah satu upaya

kampus merah marun mendorong peningkatan sumber daya manusia dan Iptek yang ada di Kampus kebanggan masyarakat kolaka tersebut.

“Outputnya kita harapkan para dosen bisa memahami pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak, salah satunya

BRIN. Apalagi saat ini perubahan Ilmu pengetahuan sangat dinamis dan cepat, sehingga butuh kerjasama yang konstruktif dari berbagai pihak. Ini juga merupakan salah satu aktualisasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka

yang telah kita terapkan hingga saat ini,” katanya

Sementara, Rektor USN Kolaka Dr Nur Ikhsan HL MHum mengharapkan, melalui kesepakatan tersebut BRIN dapat memberikan trigger bagi kampus USN agar menjadi kampus yang terdepan terkait riset dan inovasi, khususnya dalam dunia pertambangan, mengingat Kabupaten Kolaka merupakan daerah yang memiliki potensi alam yang sangat melimpah.

Selain itu, Nur Ihsan juga mengharapkan, BRIN dapat mensupport berbagai riset yang dilakukan kampus merah marun, dengan cara memberikan dukungan finansial. 

Diharapkan dengan dukungan tersebut dapat membuat USN Kolaka menjadi kampus yang mandiri dan muaranya USN Kolaka bisa menjadi point of excellent terkhusus terkait pertambangan nikel di Indonesia

“Kami berharap dengan adanya BRIN kita berharap nanti bisa memberikan gambaran seperti apa kebijakan atau

dukungan yang bisa kami dapatkan, karena memang USN butuh itu.”

“Kerjasama dan yang paling penting adalah dukungan finansial sehingga USN ini bisa meraih apa yang dicita-citakan.”

“kami secara internal sepakat

bahwa pertambangan ini bisa menjadi point of excellent khususnya pertambangan itu betul-betul bisa didorong dalam bayangan kami semua ini adalah kalau bisa usn kolaka ini menjadi pusat riset untuk nikel,” katanya.

Terpisah, Deputi Bidang SDM dan Iptek BRIN Edy Giri Rachman Putra PhD yang hadir secara daring melalui aplikasi Zoom, menyampaikan ucapan terima kasih atas undangan yang diberikan USN Kolaka. 

Menurutnya kerja sama USN Kolaka dengan BRIN dalam rangka membangun riset dan inovasi nasional sudah menjadi agenda BRIN untuk menjalin

kemitraan dengan perguruan tinggi.

“Kami memang memiliki tugas di antaranya untuk mengelola dana riset dan inovasi, dan ini digunakan untuk mendanai program-program BRIN, seperti program pendanaan riset dan inovasi untuk Indonesia maju, Pengujian Produk Inovasi Pertanian, Pendanaan Ekspedisi dan Eksplorasi, dan sebagainya.” ujarnya. (adv)

  • Bagikan