Tindak Lanjuti Demo Warga Landono, Wabup Konsel Berkunjung ke Dinas Bina Marga Sultra

  • Bagikan
Wabup Konsel saat berkunjung ke Dinas Bina Marga Sultra.

ANDOOLO, BKK – Menindak lanjuti aksi demonstrasi masyarakat Landono beberapa waktu lalu terkait kerusakan ruas Jalan Provinsi sepanjang Kecamatan Landono ke Kecamatan Mowila, Wakil Bupati Konawe Selatan (Konsel) Rasyid kembali bergerak cepat dengan berkonsultasi langsung sekaligus mempresur Dinas Sumber Daya Alam dan Bina Marga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kunjungan orang 02 di Konsel secara mendadak itu diterima langsung Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas SDA dan Bina Marga Sultra H Abu Bakar, diruang kerjanya, Selasa (22/11).

Membuka dialog dalam suasana harmoni, Wabup Konsel Rasyid menyampaikan maksud kunjungannya.

“Kami datang meneruskan aspirasi masyarakat Konsel terkait ruas jalan rusak, khususnya Jalan Provinsi sepanjang Kecamatan Landono ke Kecamatan Mowila yang rusak parah,” ujarnya.

Dia berharap, segera dituntaskan pengerjaannya, apalagi penunjang pengembangan ekonomi masyarakat yang bukan hanya dirasakan warga se tempat, namun juga daerah lain karena dimanfaatkan sebagai jalan penghubung antarkabupaten.

“Penting kami sampaikan agar segera dituntaskan jalan tersebut dan menjadikan program kerja prioritas Dinas SDA Sultra, apalagi telah lama menjadi polemik. Ini juga berkolerasi langsung dengan menjadi penyangga utama pertumbuhan ekonomi masyarakat dan daerah,” tandasnya.

Sebagai leading sektor kegiatan, Ia meminta Dinas SDA menambah postur anggaran, agar aspirasi dapat terakomodir keseluruhannya.

“Jika memang anggaran pemprov terbatas, kita bersama-sama dorong perubahan alih status jalan provinsi menjadi Jalan Nasional bersama pihak legislatif,” saran Wabup Konsel Rasyid diamini Plh Kadis SDA.

Menanggapi hal itu, Plh Kadis SDA dan Bina Marga Pemprov Sultra H Abu Bakar mengatakan, bahwa ruas Jalan Ambaipua-Motaha (Kecamatan Landono ke Kecamatan Mowila) sudah masuk dalam program kerja dinas yang diipimpinnya. Sejalan perintah Gubernur Sultra H Ali Mazi untuk jadi perhatian.

Dijelaskan, untuk postur APBD inti tahun 2022 telah dianggarkan sebesar kurang lebih Rp6 miliar dan sudah tuntas dilaksanakan. Selanjutnya APBD Perubahan 2022 Bulan November-Desember ini kembali ditambah sebesar Rp3,1 miliar, sudah kontrak dan sedang dalam proses pengerjaan. (ril/nir)

  • Bagikan