3 Kali Tertunda, Pilkades Muna Akhirnya Digelar Hari Ini

  • Bagikan
Rustam SPd.

RAHA,BKK – Setelah tertunda sebanyak tiga kali, pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Muna akhirnya digelar hari ini, Kamis (24/11).

Agar pelaksanaan berjalan sukses, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Muna memastikan semua persiapan aman. Termasuk biaya, kemudian honor pelaksana pengelola keuangan desa (PPKD) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) juga sudah disiapkan.

Ketua Desk Pilkades Muna Rustam SPd saat dikonfirmasi menyebutkan, dana pelaksanaan Pilkades senilai Rp10 juta per desa sudah disalurkan ke 124 desa yang mengikuti Pilkades serentak tersebut.

“Sudah cair anggaran Pilkades sejak, Senin (21/11). Honor PPKD akan kita hitung tuntas dan bayarkan hari ini (kemarin, red). Besarannya sekitar Rp500 ribu per bulan. Tapi PPKD ini ada ATK-nya juga. Jumlah PPKD itu ada 868 orang. Kita akan bayarkan honor petugas PPKD sebanyak dua bulan yaitu Oktober dan November tahun 2022. Sedangkan operasionalnya akan kita bayarkan tiga bulan,” papar Rustam saat ditemui, Rabu (23/11).

Sedangkan honor KPPS, kata Rustam, besarannya Rp250 ribu.

“KPPS itu ada uang makan minumnya. Mereka bertugas pada hari pemilihan saja,” jelas mantan Kepala BKPSDM Muna ini.

Terkait logistik kotak suara dan surat suara, ungkap Rustam, juga sudah terdistribusi sejak, Selasa (22/11).

Dipastikan sudah ada di masing-masing desa sebelum pelaksanaan pilkades.

“Hari ini masih berlanjut. Distribusi logistik tidak dipatok waktunya yang penting sebelum pemilihan kades, logistik harus sudah tiba di desa. Surat suara itu ada 106 ribu dengan jumlah TPS (tempat pemungutan suara) ada 266 TPS dan jumlah DPT sebanyak 100.753 pemilih. 1 TPS itu pemilihnya sekitar 500 orang,” terang Rustam.

Mengenai pengamanan, lanjut Rustam, melibatkan 300 Personel Polres Muna termasuk BKO 1 SSK dari Polda Sultra.

“Hari ini (kemarin, red) kita apel gelar pasukan pengamanan Pilkades di Polres Muna. Masalah biaya pengamanan, akan kita siapkan. Pada prinsipnya, semua kegiatan harus jalan termasuk pengamanan,” tutup Rustam.

Sementara itu, akibat pelaksanaan Pilkades tersebut seluruh sekolah di Muna diliburkan. Hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Bupati Muna nomor 141/3360 tertanggal 22 November 2022.

” Libur besok (hari ini, red) sekolah di Kabupaten Muna. Karena ada pelaksanaan Pilkades serentak. Hampir semua sekolah terpakai untuk pelaksanaan Pilkades serentak,” ungkap Kasubag Perencana Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muna Ariyani Dano SE ME.

Dijelaskan, sesuai SE bupati, seluruh Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dikbud Muna agar menyiapkan kelas untuk TPS Pilkades.

“Berikut fasilitas meja kursi untuk petugas PPKD dan pihak berkompoten lainnya, dalam pelaksanaan Pilkades serentak,” pungkas wanita yang akrab disapa Ani ini. (tri/ada)

  • Bagikan