PT DSSP Power Kendari Luluskan 22 Peserta EDP dan PTPL

  • Bagikan
Foto bersama jajaran PT DSSP Power Kendari bersama 22 lulusan dari Engineering Development Program (EDP) dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL).

KENDARI, BKK- PT DSSP Power Kendari kembali melakukan prosesi kelulusan bagi lulusan S1/D3 dan SMA/SMK melalui program Engineering Development Program (EDP) dan Pendidikan Tenaga Pembangkit Listrik (PTPL), Sabtu (26/11), di Swiss Belhotel Kendari.

Perwakilan PT DSSP Power, Awi Kamaludin mengungkapkan, EDP dan PTPL merupakan program yang membina lulusan S1/D3 dan SMK/SMA untuk menjadi engineer operator dan teknisi ketenagalistrikan, melalui program pendidikan selama satu tahun.

Meliputi program pendidikan in class, OJT, pemagangan di bidang pekerjaan yang akan mereka tempati setelah lulus nanti, dan diakhiri dengan sertifikasi kompetensi sesuai dengan pembidangan peserta.

“Ini adalah hasil dari kerjasama perusahaan dengan beberapa institusi pendidikan yang ada di sekitar kami seperti Universitas Halu Oleo Kendari dan SMK 2 Kendari, pelamar yang sebelumnya lolos untuk mengikuti program ini kami seleksi berdasarkan domisili dengan tetap memprioritaskan putra putri dari Sulawesi Tenggara,” terang Awi usai kegiatan.

Awi menambahkan, peserta dari kedua program tersebut telah menjalani proses rekrutmen dan seleksi yang ketat, dengan tetap memberikan prioritas kepada putra putri Sultra, khususnya Kota Kendari.

Dari total 22 orang lulusan, 11 di antaranya berasal dari institusi pendidikan di Kendari yakni Universitas Halu Oleo Kendari dan juga SMKN 2 Kendari.

“Sementara sisanya berasal dari Politeknik Negeri Ujung Pandang dan juga Politeknik ATIM Makassar, ” beber Awi.

Diketahui, PT DSSP Power Kendari merupakan perusahaan IPP PLTU berkapasitas 2×50 MW yang berlokasi di Moramo Utara Kabupaten Konawe Selatan, yang mensuplai kebutuhan listrik wilayah Sulawesi Tenggara melalui jaringan interkoneksi 150 KV sistem Sulawesi Tenggara bagian Selatan.

“Program EDP dan PTPL adalah perwujudan dari komitmen perusahaan untuk memberdayakan masyarakat sekitar lokasi operasi perusahaan, karena mendidik lulusan lulusan terbaik untuk menjadi ahli ketenagalistrikan yang kompeten handal dan juga tersertifikasi, ” tutup Awi.

Program EDP dan PTPL sendiri telah berlangsung sejak 2016 dan lulusannya telah bekerja di unit-unit usaha milik perusahaan yang berlokasi di Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan juga di Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara dengan total 191 orang lulusan.

Sementara, salah satu peserta yakni Laode Mardin mengaku, menjadi bagian dari DSSP Power merupakan salah satu kesempatan dirinya untuk mengembangkan ilmu kelistrikan.

“Ini merupakan kesempatan yang sangat besar untuk kami mengembangkan keterampilan kami dan mengembangkan potensi kami di bidang ketenagalistrikan khususnya pembangkit,” ujar alumni Universitas Halu Oleo Kendari jurusan Teknik Elektro tersebut.

“Saya melihat perusahaan ini sangat besar yang merupakan salah satu group perusahaan terbesar di Indonesia, dan unit-unit usahanya tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Selain itu, perusahaan ini juga sesuai dengan latar belakang pendidikan saya sehingga saya tertarik masuk bergabung dengan perusahaan ini,” pungkasnya. (adv)

  • Bagikan