Gandeng Balai Jasa Konstruksi Makassar, Dinas PU Konkep Lakukan Bimtek SMKK

  • Bagikan
Suasana pembukaan Bimtek SMKK Dinas PU Konkep di Aula SMP Negeri 1 Wawonii, Senin (28/11). (FOTO: HUSAIN/BERITA KOTA KENDARI)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi (SMKK) demi menjaga keselamatan konstruksi pembangunan di Pulau Wawonii.

Bimtek yang menggandeng Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar tersebut digelar selama 5 hari. Mulai tanggal 28 November hingga 2 Desember 2022, untuk membimbing sebanyak 50 peserta tenaga konstruksi di Konkep.

Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah VI Makassar Ismail Abdul Muttalib ST MT saat memberikan sambutan pembukaan Bimtek SMKK tersebut mengatakan, kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman terkait aturan baru Pekerjaan Umum Nomor 10 tahun 2021 Sistem Manjemen Keselamatan Konstruksi kepada para kontraktor dan konsultan di Konkep.

“Usai Bimtek ini, selanjutnya peserta akan mendapat sertifikat petugas keselamatan konstruksi,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep Safiuddin Alibas SP ME mengatakan, keselamatan kostruksi adalah sesuatu yg diidam-idamkan, untuk mendorong visi misi periode kedua Bupati dan Wakil Bupati Konkep Amrullah-Andi Lutfi, yakni Wawonii Bangkit atau Wawonii Berkembang Kompetitif dan Tangguh.

“Ini sesuai visi bupati, yakni membangun infrastruktur dan membangun sumber daya manusia (SDA). Bimtek ini selain menjamin keselamatan konstruksi pembangunan infrastruktur, sekaligus membangun SDM untuk bisa menjadi konsultan pembangunan demi menjaga kualitas konstruksi bangunan di Konkep ini,” paparnya.

Saat membuka kegiatan tersebut, Safiuddin berharap kepada para peserta agar memanfaatkan Bimtek SMKK tersebut.

“Tolong dimanfaatkan dengan baik kesempatan ini, apalagi bimtek ini dampingi instruktur-instruktur berpengalaman, baik dari Balai Konstruksi dan juga dari Unhas,” pintanya. (ain/nir)

  • Bagikan