UPT Perpustakaan UHO Gelar Workshop Penulisan Karya Ilmiah

  • Bagikan
Pelaksanaan workshop penulisan karya ilmiah kepada 100 mahasiswa UHO.

KENDARI, BKK – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Halu Oleo (UHO) menyelenggarakan workshop penulisan karya ilmiah. Sebanyak 100 mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan yang berlangsung 28-30 November 2022 itu.

Rektor UHO yang diwakili Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Dr H La Aba SSi MSi mengatakan, workshop tersebut penting bagi mahasiswa yang baru pertama kali dilibatkan dalam kegiatan seperti ini.

“Selama ini biasanya para penyelenggara workshop hanya mengadakan penulisan karya ilmiah yang diperuntukkan kepada para dosen. Sehingga, mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini harus memanfaatkan dengan sebaik- baiknya,” kata La Aba, Senin (28/11), ditemui disela-sela workshop pada salah satu hotel di Kota Kendari.

Melalui workshop tersebut, katanya, mahasiswa mendapatkan ilmu dari pemateri terbaik mengenai teknik-teknik penulisan karya ilmiah serta strategi dan keterampilan dalam menyusun skripsi yang siap publikasi pada jurnal ilmiah.

“Yang penting juga, ketika mahasiswa membuat tugas akhir/skripsi mereka mensitasi atau mengutip karya dosennya. Itu memberikan gambaran kualitas karya ilmiah yang dibuat, sumber yang relevan dan terbaru menunjukkan kualitas ide penelitian, serta menjadi salah satu indikator kinerja utama (IKU) di perguruan tinggi,” ujarnya.

Kepala UPT Perpustakaan UHO Muhamad Alim Marhadi SPd MPd menambahkan, peserta workshop tersebut diambil dari perwakilan masing- masing jurusan yang ada di UHO. Khususnya, mahasiswa semester lima dan tujuh yang saat ini sedang menyusun dan akan menyelesaikan skripsi.

“Saya berharap, 100 mahasiswa ini dapat terhindar dari perilaku plagiat dalam menyusun tugas akhir, serta bisa cepat menyelesaikan studinya di UHO dengan tepat waktu dan benar sesuai aturan yang berlaku ,” pungkas Alim. (din/ada)

  • Bagikan