Implementasi MBKM, FMIPA UHO Teken PKS Bersama Beberapa PT

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Universitas Halu Oleo (UHO) terus mendorong kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi baik pendidikan, pengajaran atau penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

Dalam bidang pendidikan, UHO kini tengah mendorong implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM).

Salah satu bentuk implementasi MBKM tersebut, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UHO telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) dengan FMIPA Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), FMIPA Universitas Hasanuddin (Unhas) dan FMIPA Universitas Mulawarman (Unmul).

Dekan FMIPA UHO Ida Usman mengatakan, penandatanganan PKS dengan beberapa perguruan tinggi ini dilakukan untuk membuat kegiatan bersama, khususnya terkait tridharma perguruan tinggi (PT).

“PKS yang kita lakukan sebagai salah satu wujud implementasi MBKM yang kini terus didorong baik dengan FMIPA Unsrat, Unhas maupun Unmul,” ujarnya, Selasa (29/11).

Dijelaskan, sebagai wujud tindak lanjut dari kegiatan ini, pihaknya juga akan melakukan pertukaran mahasiswa dari setiap FMIPA di beberapa universitas tersebut.

“Di sini mahasiswa tidak akan diberatkan. Misalnya mahasiswa kita akan bertukar kuliah dengan mahasiswa dari beberapa PT yang telah kita kerja sama. Namun ini dilakukan hanya satu atau dua semester saja. Hal inilah yang telah kita rencanakan bersama,” jelasnya.

Diungkapkan, PKS tersebut bukanlah kerjasama lanjutan, namun merupakan kerja sama yang memang baru dilakukan.

“Ini merupakan inisiasi kami bersama dengan perguruan tinggi lainya,” ungkapnya.

Ia berharap, dengan sistem penyusunan program baru implementasi PKS dalam mendorong MBKM ini, bisa berjalan dengan baik. Sehingga, manfaatnya bisa dirasakan semua civitas akademika masing-masing PT.

“Bahkan ke depan kita sudah inisiasi dan usul kerja sama lagi dengan beberapa perguruan tinggi lainya. Namun usulan ini tentu masih menunggu persetujuan dari perguruan tinggi yang kita tuju,” pungkasnya. (din/ada)

  • Bagikan