Kendari Masih Kokoh di Puncak Klasemen Perolehan Medali Sementara Porprov XIV, Disusul Konut

  • Bagikan

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu.

BAUBAU, BKK – Kota Kendari masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali sementara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV, dengan total raihan medali sebanyak 239 medali.

Setelah Kota Kendari, posisi kedua ditempati Kabupaten Konawe Utara (Konut), dengan raihan medali 93 emas, 72 perak, dan 55 perunggu, berdasarkan data dari masing-masing cabor yang masuk di Media Center Konut, per Kamis (1/12) pukul 21.30 Wita.

Ketua Umum (Ketum) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, 239 medali itu terdiri dari 95 medali emas, 71 perak, dan 73 perunggu. Itu berdasarkan data perolehan medali masing-masing cabang olahraga (cabor) yang masuk di Media Center KONI Kota Kendari, per Kamis (1/12) pukul 23.00 Wita.

“Alhamdulillah, kita (Kota Kendari) hingga kini masih kokoh di puncak klasemen perolehan medali sementara Porprov XIV, kita masih yakin bisa menambah koleksi medali emas kita hari ini,” ujar Alamsyah Lotunani, Jumat (2/12).

Sebab, lanjut mantan Sekretaris Kota (Sekot) Kendari itu, ada beberapa cabor yang masih akan bertanding di babak final. Yakni, bola voly, basket, sepak takraw, sepatu roda, selam, menembak, tarung derajat, taekwondo, hapkido, bulutangkis, dan sepak bola (Sabtu, red).

“Nah, kita berharap dan yakin dari cabor yang akan bertanding di babak final, bisa menambah koleksi medali emas kita lagi,” papar Ketua KONI Kota Kendari itu yang sukses mengantarkan Kota Kota Kendari menjadi juara umum Porprov yang digulirkan di Kabupaten Kolaka beberapa waktu lalu.

Dikatakan, cabor yang paling banyak menyumbangkan medali emas untuk Kota Kendari diajang 4 tahunan ini masih dipegang oleh cabor renang. Yakni, sebutnya, 23 medali emas, 14 medali perak, dan 9 medali perunggu, sekaligus menjadi juara umum khusus di cabor renang.

“Setelah cabor renang, kedua terbanyak yang menyumbangkan medali emas untuk kita itu adalah cabor kempo, dengan perolehan medali 9 emas, 5 perak, dan 5 perunggu, sekaligus juga mengantarkan kita menjadi juara umum di cabor kempo,” paparnya.

Alamsyah menegaskan, bahwa semua raihan itu bisa diraih berkat dukungan dan suport dari Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dalam hal ini pak Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, yang tidak henti-hentinya memantau sekaligus memberikan semangat bahkan menyiapkan bonus untuk para atlet Kota Kendari agar bisa mengukir prestasi di Porprov.

“Bahkan, pak Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, terus memberikan arahan dan mengarahkan seluruh pendamping cabor dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkot Kendari, untuk memaksimalkan peran-perannya,” tuturnya.

“Selain itu, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Sekretaris Kota (Sekot) Kendari Ridwansyah Taridala, atas dukungannya kepada kami selama Porprov berlangsung,” tuntasnya. (nir)

  • Bagikan