Hadapi Resesi 2023, Warga Sultra Diimbau Manfaatkan SDA

  • Bagikan
Lukman Abunawas

KENDARI, BKK – Ancaman resesi 2023 kian di depan mata. Masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa saja ikut terdampak dari situasi lambatnya perputaran ekonomi tersebut.


Oleh karena itu, Wakil Gubernur Sultra Lukman Abunawas mengimbau agar masyarakat dapat memanfaatkan segala potensi sumber daya alam (SDA) yang ada di Bumi Anoa ini.


Diuraikan Lukman, potensi SDA yang dimiliki Sultra cukup memadai, mulai dari pertanian, pertambangan, kelautan, dan perikanan. Jika semua potensi itu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, diyakini masyarakat tidak akan mengalami kesulitan ekonomi.


“Jadi semua pontensi sumber daya alam di semua kabupaten/kota dimanfaatkan semaksimal mungkin,” imbau Lukman Abunawas, Minggu (4/12).


Dengan memanfaatkan poteni SDA yang ada saat ini, lanjutnya, minimal ada dana cadangan untuk digunakan bila kemudian terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


“Karena yang punya andalan kita di Sultra selama ada pertanian, pertambangan, kelautan dan perikanan. Begitu ada satu sektor yang tidak dapat maafkan atau macet ada sektor lain yang mendukung,” ujarnya.


Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kondisi ekonomi dunia saat ini sedang tidak normal dan tidak baik-baik saja. Karena itu, Jokowi meminta jajarannya untuk tetap berjaga-jaga bila krisis terjadi ke depan.


“Kita harus waspada dan hati-hati, semuanya harus memiliki perasaan yang sama. Keadaan saat ini utamanya global, ekonomi global memang tidak berada pada posisi yang normal. Oleh sebab itu kita semuanya harus ada sense of crisis,” kata Jokowi di Istana Negara dalam acara pembagian DIPA 2023 Jakarta, Kamis (1/12). (cr3/ada)

  • Bagikan