Jelang Nataru, Pemkot Kendari Berupaya Cegah Inflasi

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Jelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bakal melakukan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya inflasi .


Upaya yang akan dilakukan adalah melaksanakan pasar murah, operasi pasar, menjallin kerja sama dengan penghasil sumber daya alam di sektor pertanian dan perikanan, serta menyalurkan bantuan sosial untuk para UMKM.


Asisten II Setda Kota Kendari Bidang Perekonomian Ratna Dewi mengatakan, pelaksanaan pasar murah dan operasi pasar bertujuan mengendalikan harga komoditas yang berpotensi naik, terlebih jelang Nataru.


“Kita akan adakan pasar murah, namun sebelumnya kita akan lakukan sidak ke distributor mengenai ketersedian barang. Apakah cukup atau tidak sampai Nataru nanti,” ucap Ratna.


Adapun kerja sama dengan daerah penghasil sumber daya alam di sektor pertanian dan sektor perikanan juga akan dilaporkan perkembangan kerja sama antardaerah. Sebab, Kendari masih bergantung dengan daerah lain untuk memasok kebutuhan pokok.


“Nah untuk bantuan sosial untuk usaha mikro kecil dan menengah dan bantuan untuk nelayan, bisa segera dilaporkan oleh tim terkait mengenai jumlah sasaran yang diterima, supaya pada saat penyaluran tidak ada lagi kendala,” beber Ratna.


Berdasarkan data, lanjut Ratna, angka inflasi Kota Kendari saat ini mengalami peningkatan. Penyebabnya didominasi pada sektor transportasi tidak hanya pada angkutan darat namun juga pada angkutan udara.
“Kita menyurat dulu ke maskapai supaya harga-harga tiket itu tidak naik terus setiap waktu, itu kan menyebabkan inflasi bagi daerah,” jelasnya. (cr1/ada)

  • Bagikan