Pekan Depan DPMD Konkep Mulai Sosialisasi Penjaringan Perangkat Desa Serentak

  • Bagikan
Kadis PMD Konkep, Muhammad Yani

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) mulai menjalankan tahapan penjaringan perangkat desa serentak se-Konkep.


Tahapan tersebut dimulai dengan melakukan sosialisasi penjaringan perangkat desa serentak di masing-masing kecamatan dari 7 kecamatan se-Konkep yang dijadwalkan pekan depan atau pertengahan Desember 2022.


“Insya Allah rencananya 10 Januari 2023 akan dilakukan penjaringan perangkat desa serentak untuk 89 desa se Konawe Kepulauan, minggu depan Kami akan lakukan sosialisasi terkait mekanisme penjaringan dan syarat-syarat administrasi calon perangkat desa,” jelasnya.


Mantan Kadis Pendidikan Konkep tersebut mengatakan setelah melakukan sosialisasi pihaknya yang tergabung dalam Panitia Kabupaten akan segera menyusun soal yang akan digunakan untuk tes calon perangkat desa serentak.


“Jadi kepanitiaan penjaringan perangkat desa ini ada dua, ada panitia kabupaten dan panitia desa, panitia desa ini sebanyak tujuh orang dengan struktur Ketua, Sekretaris, Bendahara dan empat anggota yang diisi oleh keterwakilan tokoh masyarakat, keterwakilan perempuan dan keterwakilan anggota BPD,” jelasnya.


Penjaringan perangkat desa serentak tersebut dilakukan oleh Pemkab Konkep untuk menghindari konflik pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa yang selama ini mengganggu kondusifitas pemerintahan desa di Konkep.


“Untuk menghindari konflik yang berkepanjangan, maka salah satu solusi yang tepat adalah melalui penjaringan perangkat desa secara serentak, ini sesuai kesepakatan antara pemerintah kabupaten, pihak legislatif dan beberapa unsur terkait, karena perangkat desa yang selama ini tidak melalui mekanisme penjaringan tetapi ditujuk langsung oleh kepala desa,” ungkapnya.


Melalui kesempatan tersebut M Yani berharap kepada semua pihak terutama masyarakat untuk menyambut positif rencana penjaringan perangkat desa secara serentak tersebut demi menjaga kondusifitas.


“Kami juga meminta kepada panitia untuk melakukan penjaringan secara objektif agar melahirkan perangkat desa yang berkualitas demi kemajuan pembangunan daerah yang dimulai dari desa, Kami dari panitia kabupaten, untuk menjaga objektifitas, soal yang digunakan untuk seleksi, akan dibagikan hari H saat tes penjaringan nanti, khawatir kalau diserahkan lebih awal akan terjadi kebocoran soal, kecuali tiga kecamatan yang aksesnya lumayan jauh dari Langara, seperti Wawonii Tenggara, Wawonii Selatan dan Wawonii Timur, mungkin H-2 akan dititip di Kantor camat masing-masing,” harapnya. (ain/man)

  • Bagikan