Guru Madrasah Diminta Kuasai Kurikulum

  • Bagikan
H Zainal Mustamin.

KENDARI, BKK – Berbicara tentang dunia pendidikan di madrasah atau sekolah tidak terlepas dari tiga komponen yang melekat di dalamnya yang terdiri kurikulum, pendidik, dan peserta didik. Ketiganya saling terkait untuk menjadikan proses belajar mengajar berjalan secara efektif. 


Hal ini diungkapkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulawesi Tenggara (Sultra) H Zainal Mustamin. Menurutnya, pendidik tidak hanya dituntut bisa mengajar, mentransfer ilmu pengetahuan, membimbing, dan melatih, tetapi juga harus menguasai kurikulum dan mengikuti perkembangan dinamika kurikulum.


Oleh karena itu, ia meminta guru madrasah yang ada di Sultra agar menguasai kurikulum sebagai solusi pembelajaraan berjalan efektif.


“Kalau kita memahami kurikulum dengan baik, maka kita akan bisa mengadaptasi perkembangan yang terjadi dan itu akan mempermudah tugas kita untuk melakukan transformasi pengetahuan, keterampilan dan karakter,” ujar Zainal, Selasa (6/12).


Dia pun berharap, guru- guru tidak kaku dalam mentransfer ilmu pengetahuan, membimbing dan melatih serta menerapkan kurikulum. Disamping itu harus memiliki kebijakan sesuai regulasi, namun harus bijaksana.


“Saya berterima kasih kepada para guru yang telah melakukan tugas mulia selama ini. Mengorbankan banyak hal untuk kepentingan dunia pendidikan, bagi kecerdasan anak didik,” pungkasnya. (din/ada)

  • Bagikan