Desa Wakobalu Agung Raih Prestasi Terbaik Inovasi UMKM Tingkat Sultra

  • Bagikan
Rustam SPd.

RAHA, BKK – Satu lagi prestasi yang membanggakan yang ditorehkan Desa Wakobalu Agung; Kecamatan Kabangka; Kabupaten Muna. Baru-baru ini desa binaan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Muna, berhasil menjuarai lomba desa dalam katagori Inovasi UMKM tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang digelar akhir November 2022.


Kepala DPMD Kabupaten Muna Rustam mengatakan, bahwa Desa Wakobalu Agung memang memilki banyak UMKM. Seperti, sebut dia, usaha UMKM di bidang pabrik tahu dan tempe, kemudian penggemukan ternak sapi.


“Alhamdulillah, dalam lomba inovasi desa katagori UMKM tingkat Provinsi Sultra, Desa Wakobalu Agung; Kecamatan Kabangka; Kabupaten Muna, ke luar sebagai desa UMKM terbaik di Sultra,” ujar Rustam pada koran ini, Rabu (7/12).


Rustam melanjutkan, bahwa di Desa Wakobalu Agung ini usaha UMKM masyarakatnya maju pesat.
“Ada pabrik tahu dan tempe, ada juga penggemukan ternak sapi. Bahkan Gubernur Sultra Ali Mazi dan petinggi di Sultra dari sejumlah instansi, membeli sapi dari Desa Wakobalu Agung. Harganya per ekor berkisar Rp40 juta sampai Rp57 juta,” paparnya.


Dia membeberkan, keberhasilan Desa Wakobalu Agung meraih prestasi terbaik se-Sultra dalam lomba desa dengan katagori inovasi UMKM ini, tidak lepas dari adanya pembinaan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna. (tri/nir)

  • Bagikan