Jalan Wisata Kendari-Toronipa Sudah Bisa Dilalui Kendaraan Umum

  • Bagikan
Abu Bakar. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Pengerjaan Jalan Wisata Kendari-Toronipa nyaris rampung. Bahkan kini sudah bisa dilalui kendaraan umum.


Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sulawesi Tenggara (Sultra) Abu Bakar mengungkapkan, untuk menuntaskan pekerjaan jalan tersebut, kini tinggal proses merapikan bagian-bagian yang sudah dikerjakan.


“Kemudian membersihkan, jadi tinggal itu. Terakhir kemarin pekerjaan untuk aspal, kita menggunakan Aspal Buton murni. Jadi untuk jalan sudah mulus dan sudah dibuka untuk akses masyarakat, jadi masyarakat yang menggunakan kendaraan sudah bisa lewat jalan ini,” kata Abu Bakar, Rabu (7/12).


Ia menuturkan, berfungsinya jalan tersebut diharapkan akan meningkatkan ekonomi masyarakat, yakni tidak hanya di sekitar Toronipa tetapi nantinya akan lebih luas lagi.


“Diharapkan nanti yang di Kawasan Toronipa berkembang menjadi kawasan pariwisata yang besar, karena dalam masterplan dinas pariwisata menjadi kawasan pariwisata. Mudah-mudahan pariwisatanya berkembang kemudian ekonomi masyarakatnya juga bisa meningkat,” ujarnya.


Diungkapkan, akses masyarakat melewati jalan wisata tersebut sudah kelihatan, di mana lebih cepat sampai ke Toronipa.


“Jadi ke Toronipa sekarang (dari Kota Kendari) paling 10 menit sudah sampai. Olehnya kami menghimbau kepada masyarakat karena jalan ini digunakan masyarakat luas, sehingga menggunakan jalan secara tertib dan teratur di saat berkendara,” harapnya. (cr3/ada)

  • Bagikan