Peringati HN, Pemerintah Gelar Expo UMKM

  • Bagikan
Pemprov Sultra saat menggelar Expo UMKM dan sosialisasi layanan kementerian investasi kepada masyarakat

KENDARI, BKK – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar Expo Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan sosialisasi layanan Kementerian Investasi kepada masyarakat, Minggu (11/12) malam.

Kegiatan itu dalam rangka memperingati hari nusantara (HN) yang di pusatkan di Kabupaten Wakatobi tahun 2022 yang dibuka langsung Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementrian Investasi, Nurul Ichwan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sultra La Ode Saifuddin, mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia selaku ketua panitia pusat peringatan hari nusantara 2022, karena telah menetapkan Sultra khususnya Wakatobi sebagai tuan rumah.

“Ucapan terimakasih dan apresiasi juga saya sampaikan kepada seluruh rombongan kementerian investasi/BKPM atas kehadiran, kunjungan dan partisipasinya dalam pelaksanaan peringatan hari nusantara tahun 2022,” katanya.

Dikatakan, dalam pelaksanaan hari nusantara di Wakatobi sangat sesuai dengan semangat pengarusutamaan pembangunan kemaritiman sebagai agenda nasional. Sebab, Wakatobi merupakan representasi dari wilayah kepulauan yang dimiliki Sultra.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa Sultra memiliki sedikitnya 459 pulau-pulau dengan terumbu karang di bawah laut yang sangat indah. Perairannya begitu kaya dengan potensi perikanan dan kelautan lainnya. Ini semua harus kita jaga dan terus dioptimalkan pemanfaatannya demi kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Dia bilang, provinsi Sultra memiliki 17 kabupaten/kota dengan khas masing-masing yang
dipengaruhi kondisi geografis wilayah, perkembangan seni, budaya, tradisi dan kearifan lokal, kesemuanya itu memberikan keragaman dan bernilai jual.

“Data yang dimiliki oleh Pemprov Sultra tahun 2022, mencatat bahwa pertanian, kelautan,
perkebunan, kehutanan, pertambangan,
perikanan, dan pariwisata merupakan potensi unggulan dan sumber investasi utama di Sultra,” ungkapnya.

Saifuddin menambahkan, potensi Sultra sendiri tersebar di wilayah daratan dan perairan serta tercatat ada sekitar 2.300 pelaku usaha dan UMKM yang mengolah potensi tersebut menjadi usaha yang unggul, kompetitif, berdaya saing serta bernilai ekonomis.

“Saya atas nama Pemprov Sultra menyambut baik dan mengapresiasi setinggi-tingginya penyelenggaraan Expo UMKM serta sosialisasi layanan kementerian investasi kepada masyarakat, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan peringatan hari nusantara,” pungkasnya. (cr3/nan)

  • Bagikan