Dikmudora Fokus Jalankan Kurikulum Merdeka di Sekolah

  • Bagikan
Saemina.

KENDARI, BKK – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) Kota Kendari saat ini fokus menjalankan kurikulum merdeka di sekolah-sekolah.

Kurikulum merdeka sendiri merupakan metode pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat para pelajar untuk memilih pelajaran apa saja yang ingin dipelajari.

Kepala Dikmudora Kendari, Saemina mengatakan dengan kurikulum merdeka ini masing- masing satuan pendidikan di Kendari sedang fokus menjalankan berbagai projek yang harus diselesaikan yang diperuntukan kepada peserta didik.

Ia menjelaskan, masing- masing sekolah diberikan ruang untuk membuat projek sekolah sesuai dengan kurikulum merdeka. Misalnya, satuan pendidikan mengajarkan peserta didik untuk berkebun, menanam, membuat abon dan lainnya.

“Kurikulum merdeka ini diimplementasikan
sejak tahun ajaran baru, yakni bulan Juli lalu. Dengan kurikulum ini, siswa tidak monoton untuk belajar di dalam ruangan saja,” ujarnya, Selasa (13/12).

Ia menambahkan, para guru bisa membawa peserta didik di luar ruangan untuk bebas belajar dimana saja serta pendidik bisa menilai dan memilih bakat siswa untuk dibukakan ruang ditampilkan dalam bentuk gelar karya yang dilaksanakan masing- masing satuan pendidikan.

“Terus terang kurikulum belajar ini sangat baik diterapkan di satuan pendidikan, khususnya di Kota Kendari,” pungkasnya. (din/nan)

  • Bagikan