DPMD Konsel Gelar Bimtek Penguatan BUMDes, Diikuti 87 Kades

  • Bagikan
Suasana kegiatan Bimtek yang diselenggarakan oleh DPMD Konsel.

ANDOOLO, BKK – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Selatan (Konsel), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pembentukan dan Penguatan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) kepada 87 Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Tahun 2022 beberapa waktu lalu.

Kegiatan yang digelar disalah satu Hotel di Kendari ini dibuka langsung Bupati Konsel Surunuddin Dangga, didampingi Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konsel Sitti Chadidjah, Ketua TP4D Samsu, dan Kadis DPMD Anas Mas’ud, Senin (12/12) malam.

Dalam sambutannya, Bupati Konsel Surunuddin mengatakan, percepatan pertumbuhan dan pembangunan di Konsel basisnya adalah desa, karena mayoritas masyarakat berada di desa.
Dikatakan, dana desa dapat mendorong pengembangan potensi desa sesuai potensi unggulan masing-masing, dengan memaksimalkan produksinya.

Selanjutnya, kata dia, pengelolaan hasil produksi masyarakat ini dapat dimanfaatkan oleh BUMDes dengan menjadi unit usaha, sebagai penyedia peralatan dan kebutuhan lain hingga pembelian dan penjualannya.

“Sedangkan desa yang memiliki potensi wisata, BUMDes dapat membuka usaha penunjang pariwisata, misalnya menyiapkan home stay dan penunjang lainnya,” katanya.

Sementara itu, Kepala DPMD Konsel Anas Mas’ud mengatakan, Bimtek yang digelar selama 2 hari mulai tanggal 12-13 Desember 2022 bertujuan, untuk memberikan pemahaman dan penyamaan persepsi kepada 87 Kades terpilih terhadap BUMDes. (ril/nir)

  • Bagikan