Tingkatkan Produksi Jagung, Dinas TPHP Muna Tanam 150 Hektare Jagung Hibrida

  • Bagikan
Ogo Atfal.

RAHA, BKK – Untuk meningkatkan produksi Jagung Hibrida di Kabupaten Muna, Dinas TPHP telah menanam jagung hibrida seluas 150 hektare. Anggaran yang digelontorkan untuk itu sebesar Rp1,8 miliar, yang bersumber dari APBD tahun 2022.


Kepala Bidang (Kabid) Sarana, Prasarana dan Penyuluhan pada Dinas TPHP Kabupaten Muna Ago Atfal mengatakan, bahwa kegiatan gerakan tanam jagung tersebut dapat meningkatkan produksi dan ketersediaan komoditas jagung yang merata sepanjang tahun, serta menjaga stabilitas harga pangan.


“Program penanaman jagung sudah berjalan. Target 21 ton jagung termasuk pakan ternak 5 ton di 2023 nanti. Itu pun belum mencukupi untuk kebutuhan lokal,” kata Ogo Atfal.


Katanya, hasil produksi jagung nantinya akan diolah di pabrik jagung di Desa Marobea, Kecamatan Kabawo.


Menurutnya, penyesuaian harga BBM sudah mulai berdampak terhadap pangan yang merupakan kebutuhan pokok masyarakat, dan pada akhirnya berpengaruh terhadap daya beli masyarakat.


“Untuk itu, pengawalan produksi dan pengembangan dalam rangka meningkatkan produksi pangan harus dimaksimalkan, agar ketersediaan pangan bisa terjaga,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan