Cuaca Ekstrem, 13 Rumah di Desa Kancebungi Rusak

  • Bagikan
Rumah warga di bibir Pantai Kancebungi yang rusak akibat cuaca ekstrem.

LABUNGKARI, BKK – Cuaca ekstrem terjadi di Desa Kancebungi; Kecamatan Mawasangka; Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pada Sabtu (24/12), mengakibatkan 13 rumah warga mengalami kerusakan, mulai rusak ringan hingga rusak parah.


“Jadi cuaca ekstrem itu terjadi pada Sabtu malam. Bahkan, warga kami dipanikan dengan hantaman ombak yang berbarengan dengan angin kencang. Sehingga, mengakibatkan rumah di daerah sekitar bibir Pantai Desa Kancebungi mengalami kerusakan. Mulai dari rusak ringan sampai dengan rusak parah,” ujar Kepala Desa Kancebungi Sahiruddin.


Dia membeberkan, dari data Desa Kancebungi, terdapat 13 rumah warga mengalami kerusakan. 4 Rumah diantaranya mengalami kerusakan berat, dan 9 rumah lainnya mengalami kerusakan ringan.


“Akibat kejadian tersebut, warga desa di bibir Pantai Kancebungi harus diungsikan dari rumahnya,” paparnya.


Itu, lanjutnya, untuk menghindari hantaman cuaca ekstrem susulan. Tapi, lanjutnya, sehari setelah kejadian, sudah ada beberapa warga yang kembali untuk memperbaiki rumahnya yang rusak.


Sahiruddin membeberkan, bahwa cuaca ekstrem seringkali terjadi di Desa Kancebungi khususnya pada musim barat. Namun, lanjutnya, kejadian kali ini merupakan kejadian yang lebih parah dibanding tahun sebelumnya, hingga mengakibatkan banyaknya rumah warga yang mengalami kerusakaan.


Dia mengaku, bahwa Pemerintah Desa (Pemdes) Kancebungi berupaya akan memberikan bantuan kepada warganya yang mengalami musibah akibat cuaca ekstrem tersebut. Tidak sampai disitu saja, pemdes juga berupaya untuk menginformasikan kejadian tersebut ke pemerintah kabupaten (pemkab) se tempat, untuk segera melakukan tanggap darurat di wilayah Kancebungi. (cr1/nir)

  • Bagikan