Terbebas BABS, 19 Kecamatan dan Puskemas di Konsel Diganjar Penghargaan

  • Bagikan
Bupati Konsel saat menyerahkan penghargaan.

ANDOOLO, BKK – Sebanyak 19 kecamatan dan puskesmas di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mendapatkan penghargaan dari Bupati Konsel Surunuddin Dangga kategori Open Defecation Free (ODF) atau terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS).


Penyerahan penghargaan itu dilakukan bertepatan saat acara peringatan Hari Ibu yang dihadiri para kepala OPD dan Forkopimda, di Auditorium Kantor Bupati Konsel, Kamis (22/12).


Selain penghargaan, Bupati Konsel 2 periode ini juga menyerahkan 2 unit mobil Ambulance untuk Puskesmas Andoolo dan Palangga Selatan.


Dikesempatan itu, Bupati Konsel Surunuddin mengatakan, penghargaan yang diberikan kepada 19 kecamatan dan puskesmas menujukan grafik peningkatan kesejahteraan masyarakat Konsel dari desa tertinggal menjadi desa maju.


Bahkan, kata Surunuddin, yang dulunya masih BABS, sekarang sudah menggunakan jamban.


“Hal ini salah satu wujud dari program Konsel dengan visi misi Desa Maju Konsel Hebat, ” katanya.


Untuk mendukung program itu, politikus Golkar ini meminta kepada instasi atau sektor terkait, untuk bersama-sama menyosialisasikan program Pemkab Konsel menuju masyarakat yang sehat dan cerdas.


“Untuk mencapai itu, tentunya kerja sama kinerja sektor terkait ini sangat dibutuhkan,” tandasnya.


Sementara, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Konsel dr Boni Lambang Pramana menjelaskan, ODF adalah kondisi ketika setiap individu dalam masyarakat tidak buang air besar sembarangan.


Kata dia, pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Sehingga, untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.


“Agar usaha tersebut berhasil, akses masyarakat pada jamban sehat harus mencapai 100% pada seluruh masyarakat,” terangnya.


Ia menambahkan, indikator desa ODF atau kecamatan ODF ini sangat penting, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan kehidupan yang baik dengan menerapkan hidup bersih dan sehat.


“Adapun 19 kecamatan/puskesmas yang diberi penghargaan yaitu, Kecamatan Angata, Laonti, Palangga Selatan, Lainea, Kolono, Palangga, Landono, Ranomeeto Barat, Ranomeeto, Konda, Moramo, Baito, Basala, Mowila, Lalembuu, Buke, Andoolo, Wolasi dan Sabulakoa,”rinciannya. (ril/nir)

  • Bagikan