3 Daerah di Sultra Telah Mendapatkan Rekomendasi Jadi Brida

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menyampaikan saat ini terdapat tiga daerah di Sultra telah berproses karena telah mendapatkan rekomendasi untuk menjadi Brida. Tiga daerah tersebut yakni Kabupaten Muna, Kolaka dan Buton.


Kepala Brida Sultra Dra Hj Isma mengatakan, untuk kabupaten Konawe Selatan (Konsel) telah memiliki kantor Brida, bahkan lebih duluan dari Brida Sultra.


“Sekarang ini yang lagi berproses itu ada tiga daerah yang sudah mendapat rekomendasi yaitu Kabupaten Muna, Kolaka dan Buton. Selebihnya itu masih masih sementara mereka mengajukan proposal urgensi ke Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN),” katanya, Senin (2/1).


Dikatakan, kabupaten setelah mendapat rekomendasi dari BRIN pihaknya kemudian menyusun peraturan daerah (perda), kemudian setelah perda mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) selanjutnya dibawah di Biro Hukum provinsi.


“Dan biro hukum provinsi yang membuat harmonisasi, kemudian di rekomendasi untuk ditetapkan. Sementara kalau kita provinsi sampai Jakarta. Jadi proses yang lama itu proses perdanya di daerah masing-masing,” jelasnya.


Dia bilang, di Sultra yang bisa berdiri sendiri yakni sembilan Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) yang akan didorong bertransformasi menjadi Brida.


“Yakni Konawe Selatan, Konawe, Muna, Bombana, Kolaka, Kolaka Utara, Buton, Buton Selatan dan Baubau. Dan yang sudah mendapat rekomendasi tiga tadi dan Konawe Selatan sudah terbentuk dan sisa lima daerah yang sementara berproses,” ungkapnya. (r4)

  • Bagikan