Pemkab Konkep Lampaui Target Capaian PBB 2022

  • Bagikan
Salah satu baliho ucapan terima kasih Pemkab Konkep atas antusias masyarakat Wawonii dalam membayar pajak.

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) berhasil melampaui target pencapaian pungutan pajak bumi dan bangunan (PBB) di 2022. Capaiannya yakni Rp389 juta dari target Rp 269 juta.


Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Konkep Mahmud SP MPW mengatakan, sepanjang 2022 pihaknya terus menggenjot pemasukan dari semua objek pajak yang ada, salah satunya PBB.


“Alhamdulillah di tahun 2022 PBB kita berhasil melampaui target yang ditetapkan. Ini merupakan buah dari kerja sama dan kerja keras semua pihak, baik itu para camat, petugas maupun masyarakat,” ujar Mahmud, Minggu (8/1).


Dia menjelaskan, capaian PBB tersebut dikarenakan pihaknya mendorong petugas melakukan jemput bola di tiap-tiap desa dan kecamatan. Selain itu, Pemkab Konkep juga memberikan reward kepada kecamatan yang berhasil mencatatkan realisasi pemasukan PBB tertinggi.


“Di tahun 2022 Bupati Konkep H Amrullah memberikan reward kepada Kecamatan Wawonii Timur laut berupa mobil operasional atas capaiannya yang berhasil mencatatkan realisasi PBB tertinggi di Konkep. Di mana, kita memberikan insentif kepada para petugas dan memberikan apresiasi kepada camat selaku koordinator wilayah yang mengkoordinir desa-desa untuk melakukan pemungutan PBB,” jelasnya.


Dia menambahkan, selain memberikan reward, pihaknya juga selalu melakukan rapat evaluasi dengan semua petugas pajak dan camat. Di mana rapat evaluasi ini dilakukan pertiga bulan. Hal ini guna melihat sejauh mana capaian realisasi PBB setiap kecamatan dan desa.


“Saya berharap di tahun ini PBB kita bisa melampaui target seperti sebelumnya. Sehingga, saya mendorong agar masyarakat bisa taat membayarkan PBB-nya, karena PBB ini menjadi salah satu sumber pembiayaan kita dalam membangun daerah yang kita cintai ini,” harapnya. (ain/ada)

  • Bagikan