Unsultra Gencar Datangkan Dosen Praktisi Mengajar di Kampus

  • Bagikan
Prof Andi Bahrun.

KENDARI, BKK- Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) saat ini tengah gencar mendatangkan berbagai dosen praktisi di kampus merah maron tersebut. Alhasil sudah tidak sedikit dosen praktisi yang mengajar di kampus dibawah kepemimpinan Prof Andi Bahrun itu.

Rektor Unsultra, Prof Andi Bahrun mengatakan, bahwa dosen praktis di Indonesia hampir mencapai 20 ribu. Termaksud di dalamnya, yakni aktris Prilly Latuconsina yang merupakan dosen praktisi yang sudah mengajar di Universitas Gadja Mada (UGM).

Aktris Prilly Latuconsina sendiri berprofesi sebagai, diantaranya, aktor, presenter, penyanyi, pengusaha dan penulis.

Ia menjelaskan, semua Perguruan Tinggi (PT) bisa melakukan negosiasi dan berbicara langsung dengan dosen praktisi . Dan Unsultra sendiri membutuhkan berbagai dosen praktisi untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa karena mereka (dosen praktisi) menjadi sumber inspirasi.

“Prilly Latuconsina itu merupakan salah satu dosen praktisi yang ada di Indonesia. Kita berencana mendatangkannya, tentu publik figur memberikan semangat baru dan inspirasi bagi anak muda generasi Milenial,” ujarnya baru- baru ini.

Ia menuturkan, untuk menjadi dosen praktisi di suatu PT tidak membutuhkan persyaratan yang ketat. Misalnya ketika wartawan ingin mendaftar menjadi dosen praktisi, cukup menyandang lulusan Diploma 2 (D2) dan 2 tahun berkerja di perusahaan media.

Ia mengungkapkan, sudah banyak praktisi yang menjadi dosen. Dan Unsultra sendiri menyambut baik, mengingat para mahasiswa bisa belajar banyak dengan pengalaman kerja yang dimiliki para praktisi tersebut.

“Mahasiswa bisa belajar dengan siapa saja, di anak kecil juga boleh. Apalagi kalau dosen praktisinya dari artis yang sudah punya pengalaman untuk bisa berbagi kepada para mahasiswa generasi Milenial,” pungkasnya.

Diketahui, program praktisi mengajar diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). (din)

  • Bagikan