Blanko E-KTP Tersedia Pekan Depan

  • Bagikan

KENDARI, BKK – Blanko kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) tengah proses pengambilan di pusat. Sulawesi Tenggara (Sultra) kebagian 20 ribu keping untuk tahap awal 2023 ini dan akan tersedia pekan depan.


Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sultra Muhammad Fadlansyah mengatakan, pengambilan blanko tersebut kini dilakukan pemerintah daerah seluruh kabupaten/kota.


“Jadi sebelumnya blanko KTP sempat kosong, tapi sekarang sudah ada di pusat proses pengambilan blanko semua kabupaten/kota,” katanya, Selasa (17/1).


Dikatakan, 20 ribu kuota yang disediakan untuk tahap awal itu dapat mememenuhi kebutuhan masyarakat Sultra yang telah melakukan perekaman E-KTP.


Selanjutnya, kata dia, bila blanko habis maka masing-masing pemerintah kabupaten/kota dapat kembali melakukan permintaan ke pusat.


“Jadi kalau sudah mulai menipis lagi stoknya kita bermohon lagi di pusat untuk ambil blanko,” ujarnya.


Sementara itu, masih kata Fadlansyah, bila blanko sudah tersedia maka semua surat keterangan (suket) yang sebelumnya diterbitkan disdukcapil masing-masing daerah, akan ditarik untuk diganti dengan E-KTP.

“Jadi paling minggu depan (pelayanan E-KTP) sudah normal karena sudah dijemput blanko,” pungkasnya. (r4/ada)

  • Bagikan