3 Daerah Bakal Terima Bantuan Rutilahu

  • Bagikan
Martin Effendi Patulak. (FOTO: FAYSAL/BKK)

KENDARI, BKK – Sebanyak tiga daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal mendapatkan bantuan perbaikan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).


Tiga daerah tersebut adalah Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Konawe Selatan (Konsel) dan Konawe Kepulauan (Konkep).


Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sultra, Martin Effendi Patulak mengatakan jumlah bantuan Rutilahu untuk tiga kabupaten sendiri sebesar Rp1,5 miliar.


“Jadi baru tercover tiga kabupaten, jadi kita tangani per kawasan karena rata-rata di kabupaten minta dua sampai tiga kawasan,” terangnya saat di wawancarai di ruang kerjanya, Selasa (24/1).


Dikatakan, untuk bantuan rutilahu tahun ini terbatas, namun kata dia cukup bagus dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.


“Karena selama ini rutilahu di bantu oleh pemerintah pusat, sekarang pemerintah provinsi menyiapkan juga. Rutilahu sendiri lebih condong memberdayakan masyarakat setempat, karena ini masyarakat yang akan membangun sendiri rumahnya, jadi kita lebih ke sosialnya kalau di PU itu lebih ke teknisnya,” jelasnya.


“Jadi untuk bantuan rutilahu sendiri sebanyak 150 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk tiga kabupaten, dengan Rp15 juta per Kepala Keluarga (KK),” ungkapnya.


Effendi menambahkan, untuk indikator pemberian bantuan rutilahu sendiri yakni masyarakat kurang mampu dengan kondisi rumah tidak layak huni.


“Jadi Rp15 juta bisa menangani atap, dinding dan lantai, dan ini di transfer ke rekening masing-masing penerima. Dan ini akan di awasi langsung pendamping di sosial provinsi dan kita kerjasama dengan dinas sosial kabupaten,” paparnya. (r4/nan)

  • Bagikan