Pemkab Konkep Rumuskan Langkah untuk Capai Target PAD 2023

  • Bagikan
Mahmud SP MPW. (FOTO: HUSAIN/BKK)

LANGARA, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Badan Keuangan Daerah (BKD), terus berupaya memaksimalkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2023 dengan target capaian sebesar Rp13,772 miliar.


Kepala BKD Konkep Mahmud mengatakan, demi mencapai target tersebut pihaknya terus melakukan berbagai upaya, terutama penguatan administrasi dalam hal ini penerbitan surat edaran untuk seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar taat dalam pembayaran pajak dan retribusi daerah.


Selain itu, lanjutnya, pihaknya juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya tertib membayar pajak dan retribusi daerah.


“Selain kedua hal tersebut, kita juga akan meningkatkan infrastruktur sarana dan prasarana pada objek-objek pajak dan retribusi daerah,” ujarnya, kemarin.


Bukan itu saja, pihaknya juga akan memberikan reward kepada kecamatan dan petugas yang mencapai target tersebut.


“Dan yang tidak kalah penting menjalin kerja sama dengan PJP dan merchant serta stakeholder lainnya, guna mendukung peningkatan penerimaan daerah dan digitalisasi daerah,” paparnya.


Mantan Kepala Bagian (Kabag) Umum Sekretariat Daerah (Setda) Konkep tersebut merinci, untuk PAD yang mendekati angka Rp14 miliar dengan kontribusi terbesar yakni PAD dengan sumber lain-lain yang sah mencapai angka Rp8,102 miliar, dan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang mencapai sekira Rp3 miliar.


Sedangkan, lanjutnya, untuk pajak daerah dan retribusi daerah berada dikisaran angka Rp1,360 miliar, dan Rp1,310 miliar.


“Pada dasarnya kita harapkan seluruh sektor itu menjadi pendorong, penopang dan memiliki kontribusi yang besar terhadap PAD kita,” tuntasnya. (tri/nir)

  • Bagikan